Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorPerkumpulan Gagas Nusantara Gelar Diskusi tentang Polemik Kenaikan BBM

Perkumpulan Gagas Nusantara Gelar Diskusi tentang Polemik Kenaikan BBM

Bogordaily.net–   Pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (), Perkumpulan menggelar seminar dan diskusi bertajuk “Polemik Kenaikan dan Subsidi Apakah Perlu atau Tidak?” di Sagala Cafe Bogor, Jumat, 30 September 2022.

Dalam seminar dan diskusi kali ini Perkumpulan mengundang dua narasumber sekaligus pemerhati kebijakan energi gas bumi Gustom Malik dan tokoh muda sekaligus aktivis mahasiswa dan Ketua Aliansi Mahasiswa Indonesia Bersatu (KAMIB), Royan Ghifar.

“Menurut saya dengan dengan adanya kenaikan merupakan langkah tepat yang pastinya sudah sangat diperhitungkan dalam prosesnya dan pastinya untuk sebuah keadilan bersama. Karena kita tahu banyak sekali dana dana subsidi yang tidak tepat sasaran,” kata Rizky selaku ketua panitia pelaksana acara diksusi dan seminar dalam keterangan yang diterima Bogordaily.net.

Perkumpulan menggelar seminar dan diskusi bertajuk “Polemik Kenaikan dan Subsidi Apakah Perlu atau Tidak?” di Sagala Cafe Bogor, Jumat, 30 September 2022. (Istimewa/Bogordaily.net)

Gustom selaku pemerhati di bidang energi gas bumi menilai naiknya harga merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan oleh Pertamina.

“Sejatinya kita masih dalam masa transisi dari pandemi dan untuk itu kenaikan dilakukan untuk membangun kembali keuangan negara dan juga pastinya bukan dengan cuma-cuma kenaikan tersebut, ada subsidi yang diterima oleh masyarakat umum dan itu solusi yang tepat,” kata Gustom.

Sementara itu Ketua Aliansi Mahasiswa Indonesia bersatu (KAMIB) Royan Ghifar menilai kebijakan penyesuaian harga itu sudah tepat dilakukan oleh pemerintah.

“Kebijakan itu merupakan bentuk keberpihakan negara dalam menyelamatkan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dengan mengalihkan anggaran subsidi BBM kepada subsidi lain bagi masyarakat ekonomi yang lemah,” ujar Royan.

Salah satunya kata dia, subsidi dialihkan untuk kebutuhan yang sangat penting untuk subsidi bidang pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

Diskusi ditutup dengan closing statement yang disampaikan langsung moderator yang menyebut sudah saatnya seluruh masyarakat kecil bersatu bersama-sama mengawal kebijakan penyesuaian harga BBM.

“Subsidi BBM yang selama ini dinikmati orang kaya saatnya dialihkan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat kecil,” tutupnya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here