Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPicu Kematian di Itaewon, Ini Pertolongan Pertama Korban Sesak Napas

Picu Kematian di Itaewon, Ini Pertolongan Pertama Korban Sesak Napas

Bogordaily.net–  Tragedi maut di pesta Halloween Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Sabtu, 29 Oktober 2022 menewaskan ratusan orang. Di antara para korban dikabarkan tewas karena terinjak-injak, henti jantung, hingga di Itaewon. Massa berdesakan bahkan sulit untuk bergerak. Akibatnya, banyak yang kehabisan napas dan pingsan, hingga meninggal dunia. Lalu bagaimana dan apa yang harus dilakukan saat untuk menangani pada seseorang?

Melansir Suara.com dari laman Medicalnewstoday, beberapa pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk menangani sesak napa di antaranya:

Melatih napas dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam dapat membantu mengelola pernapasan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berikut:

– Berbaring dan meletakkan tangan di perut.

– Tarik napas dalam – dalam melalui hidung, kembangkan perut dan biarkan paru-paru terisi udara penuh

– Tahan napas selama beberapa detik

– Bernapas perlahan melalui perut.

– Berdasarkan penelitian, teknik satu ini dipercaya membantu mengatasi pada seseorang.

– Pernapasan bibir mengerucut

Selain melatih napas secara biasa, mengerucutkan bibir dapat menjadi cara untuk membantu mengatasi . Hal ini juga sangat berguna untuk mengatasi jika menghadapi kecemasan. Cara melakukan pernapasan bibir mengerucut yaitu:

– Duduk tegak di kursi dengan bahu rileks

– Tekan bibir dan beri celah kecil di antara bibir

– Tarik napas melalui hidung beberapa detik

– Buang napas dengan perlahan melalui bibir selama empat hitungan

– Ulangi pola pernapasan ini beberapa kali

– Temukan posisi yang nyaman

Cara lain untuk mengatasi yaitu dengan menemukan posisi yang nyaman. Penting untuk mencari posisi orang tersebut untuk bisa nyaman bernapas baik secara duduk, bersandar, berdiri, atau berbaring.

Menggunakan kipas

Dalam sebuah studi pada 2010, menggunakan kipas genggam dan mengipaskannya ke wajah dapat mengurangi . Hal ini dapat membuat tubuh seolah menerima banyak udara sehingga semakin berkurang. Meski demikian, kondisi ini tidak dapat mengatasi gejala yang dialami secara medis. Namun, dengan kipas genggam dapat membantu mengatasi sesak napa yang dialami.

Menghirup uap

Menghirup uap dapat membantu hidung seseorang terasa menjadi lebih bersih. Hal ini akan membuatnya lebih mudah untuk bernapas. Uap yang lembab dapat memecah lendir di paru-paru sehingga menjadi berkurang. Untuk membuat uap dapat menggunakan mangkuk berisi air panas. Bisa juga dengan memberikan minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus. Setelah itu, posisikan wajah di atas mangkuk dan hirup uap dari air tersebut.

Minum kopi hitam

Kopi hitam juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi . Kafein dipercaya dapat mengurangi sesak pada otot-otot di saluran pernapasan. Dalam ulasan di 2010, efek kafein membantu meningkatkan saluran napas penderita asma. Meski demikian, kopi hitam juga tidak baik untuk dikonsumsi terlalu banyak karena dapat membuat detak jantung meningkat.

Makan jahe segar

Jahe segar juga menjadi cara untuk mengurangi sesak napas. Jahe juga bisa direbus sehingga menjadi minuman. Studi menunjukkan, jahe dipercaya dapat melawan virus pernapasan syncytial sehingga sesak napas berkurang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here