Friday, 26 April 2024
HomeNasionalPolisi Menduga, 50 Orang Pingsan di Festival Berdendang Bergoyang

Polisi Menduga, 50 Orang Pingsan di Festival Berdendang Bergoyang

Bogordaily.net menyebut ada lebih dari 50 penonton pingsan dalam acara festival musik Berdendang Bergoyang yang digelar di Istora Senayan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan taksiran jumlah itu berdasarkan informasi yang ia dengar langsung. Sebab, belum ada data yang diberikan oleh pihak panitia.

“Mereka (panitia) tidak mengatakan jumlah secara pasti. Hanya menyampaikan secara langsung dan saya dengar langsung, karena saya tanya langsung. Jumlah (korban pingsan)-nya puluhan. Terus juga mengatakan sangat banyak, apalagi di hari pertama,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin dikutip dari detik, Senin, 31 Oktober 2022.

Komarudin mengatakan pihaknya saat ini turut memeriksa tim medis yang bertugas . Pemeriksaan itu untuk memastikan pendataan penonton yang pingsan hingga dirawat di rumah sakit.

Namun, dari keterangan awal yang dikantongi kepolisian, jumlah penonton festival musik Berdendang Bergoyang lebih dari 50 orang.

“Kalau dilihat dari kapasitas masyarakat yang antusias bisa saja di atas angka (50 orang) itu,” imbuhnya.

Disampaikan Komarudin, sampai saat ini pihaknya masih menunggu data resmi soal jumlah korban pingsan dalam acara festival musik tersebut. Termasuk, data korban yang sempat dilarikan ke rumah sakit.

“Terkait ada beberapa yang dilarikan ke rumah sakit, nah, itu kita yang mau tahu datanya itu rumah sakit mana kita minta datanya,” ucap dia.

Festival musik Berdendang Bergoyang rencananya digelar selama tiga hari di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakara Pusat. Namun, acara hari kedua dan ketiga dihentikan pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

mencabut izin acara Berdendang Bergoyang karena alasan potensi gangguan ancaman terhadap keselamatan penonton.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyebut bahwa jumlah penonton atau tiket yang tercetak dalam acara festival musik Berdendang Bergoyang melebihi kapasitas Istora Senayan.

Berdasarkan surat pengajuan izin tertulis undangan atau penonton sebanyak 3 ribu. Namun, fakta yang didapat pada Jumat kemarin, jumlah penonton sangat overkapasitas.

“Kapasitas 10 ribu, tapi yang ada itu 21 ribu orang. Ini tentunya melanggar,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here