Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorRapat Siaga Bencana, Mohan Ingatkan Pemkot Bogor Ikuti Amanat Perda

Rapat Siaga Bencana, Mohan Ingatkan Pemkot Bogor Ikuti Amanat Perda

Bogordaily.net–  Wakil Ketua Komisi IV , Said Muhamad Mohan, menghadiri rapat siaga bencana yang digelar oleh Pemerintah dan dipimpin langsung oleh Wali Bima Arya di halaman Institut BPJS Ketenagakerjaan, Jumat 14 Oktober 2022.

Dalam rapat tersebut, Mohan mengingatkan kepada jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bahwa penyelenggaraan penanggulangan bencana sudah diatur dan diamanatkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2018.

“Kita punya Perda Nomor 1 tahun 2018 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana. Nah ini guidance sebetulnya jelas Pak Wali, kita tinggal buka lagi apa saja yang menjadi kewenangan Pemkot, di situ kita harus tanggap,” ujar Mohan.

Ia juga meminta agar seluruh SKPD mempercepat penyerapan anggaran yang sudah dituangkan didalam APBD 2022.  Terutama penyerapan anggaran yang berdampak langsung kepada masyarakat, mulai dari pembangunan fisik sampai bantuan sosial.

Mohan juga menginformasikan kepada wali kota bahwa BTT untuk APBD Perubahan 2022 mengalami kenaikan signifikan. Sehingga untuk melakukan penanggulangan bencana bisa lebih leluasa dan memaksimalkan anggaran yang ada.

Wakil Ketua Komisi IV , Said Muhamad Mohan menghadiri rapat siaga bencana yang digelar oleh Pemerintah . (Istimewa/Bogordaily.net)

“Jangan sampai anggaran yang sudah disiapkan menjadi SILPA karena kita tidak tanggap, apalagi kita juga sudah menyiapkan BTT yang cukup tinggi. Sekaligus proses birokrasi yang ada perlu dipangkas dan dipermudah mengingat kondisi kita yang saat ini tengah siaga bencana, agar masyarakat bisa mendapatkan intevensi dengan cepat,” kata Mohan.

Terakhir, Ia mengingatkan kembali agar Pemerintah menindaklanjuti SK bencana yang sudah dikeluarkan oleh BPBD sehingga masyarakat yang terdampak bencana bisa segera mendapatkan intervensi APBD. Mengingat masih banyak SK bencana yang dikeluarkan sejak Agustus belum ditindaklanjuti.

“Sekalian saya melaporkan SK bencana yang dikeluarkan oleh BPBD terus kami monitor, masih banyak yang belum terintervensi bencana-bencana yang sudah terjadi pada Agustus dan September. Nah sekarang masuk lagi kita. Ini perlu kerjasama semua pihak, mulai dari wilayah dan dinas teknis dan kami dari DPRD akan mendukung penuh pemkot bogor untuk mempercepat akselerasi tersebut,” pungkasnya.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here