Thursday, 16 May 2024
HomeBeritaRasanya Emang Gak Enak, Tapi Manfaat Buah Mengkudu Itu Segudang lho!

Rasanya Emang Gak Enak, Tapi Manfaat Buah Mengkudu Itu Segudang lho!

Bogordaily.net  merupakan buah tropis, yang berasal dari Kepulauan Pasifik termasuk Asia Tenggara, India dan Filipina. Dan ternyata, banyak yang dimiliki oleh bagi tubuhmu.

Ternyata, atau Morinda Citripolia L memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Di Pulau Sumatera, disebut dengan buah kudu, cengkudu, kemudu, pace. Di Pulau Jawa disebut wangkudu, manakudu, bakulu. Di Nusa Tenggara dan Kalimatan dikenal dengan sebutan mangkudu, wangkudu, dan labanan.

Dikutip Holopis.com dari situs Farmasi UGM, memiliki banyak kegunaan antara lain ; untuk obat tekanan darah tinggi, beri-beri, melancarkan kencing, radang ginjal, radang empedu, radang usus, disentri, sembelit, nyeri limpa, limpa bengkak, sakit lever, liur berdarah, kencing manis (diabetes melitus), cacingan, cacar air, kegemukan (obesitas), sakit pinggang (lumbago), sakit perut (kolik), dan perut mulas karena masuk angin, kulit kaki terasa kasar (pelembut kulit), menghilangkan ketombe, antiseptik, peluruh haid (emenagog), dan pembersih darah.

Berikut :

1. Mengurangi Kejang Otot

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa memiliki sifat antispasmodik yang dapat menekan kejang otot dan menenangkan rasa sakit. Sobat Holopis, akan mendapatkan efek relaksasi pada otot saat mengonsumsi buah mengkudu secara rutin.

2. Menghilangkan Kelelahan

Khasiat buah mengkudu telah dikenal luas oleh orang Polinesia untuk memerangi kelemahan tubuh, meningkatkan kualitas hidup, dan meningkatkan energi. Jika Sobat Holopis bisa mengonsumsi olahan buah mengkudu sebagai jus untuk mendapatkan yang satu ini.

3. Menjaga Kualitas Antipsikotik

Buah mengkudu dipercaya ampuh untuk mengurangi keparahan berbagai penyakit termasuk gangguan sistem saraf pusat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa efek antipsikotik buah mengkudu menunjukkan peningkatan yang signifikan untuk digunakan dalam penyembuhan gangguan mental.

4. Sumber Antioksidan

Buah mengkudu bekerja mencari radikal bebas oksigen dan membantu menetralkan efek negatifnya. Mengonsumsi buah mengkudu dapat memberikan efek perlindungan penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Buah mengkudu, memiliki rasa yang pahit. Jadi untuk Sobat Holopis yang ingin mengonsumsinya bisa dibuat sebagai jus, direbus, atau dibuat smoothie mengkudu, dan lain-lain.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here