Monday, 17 June 2024
HomeTravellingRekomendasi Negara Tujuan Wisata di Akhir Tahun, Bisa Hemat lho!

Rekomendasi Negara Tujuan Wisata di Akhir Tahun, Bisa Hemat lho!

Bogordaily.net–  Tahun 2023 sekitar dua bulan lagi. Bagi yang akan merencanakan liburan, negara-negara tujuan ini bisa jadi pilihan. Tentunya Anda pun bisa lebih hemat. Melansir Suara.com dari beberapa laman pariwisata, ada sejumlah negara yang bisa jadi bahan pertimbangan dalam merencanakan liburan atau akhir tahun yang terjangkau, mulai dari biaya tranportasi, akomodasi, hingga tempat . Berikut negara-negara tujuan akhir tahun yang bisa menjadi pilihan.

Malaysia

Salah satu negara tetangga yang dikenal sebagai destinasi yang cukup terjangkau dan selalu masuk jajaran salah satu destinasi luar negeri paling diminati orang-orang Indonesia. Dengan menawarkan destinasi beragam seperti menara kembar Petronas, menara KL, daerah Bukit Bintang, Jalan Alor, Masjid Jamek, Jalan Masjid India, Pasar Seni, dataran Merdeka, Jalan Petaling (kawasan Pecinan), Taman Tasik Perdana hingga Kuil Sri Mahamariamman dengan tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

Harga tiket termurah ke Malaysia bisa didapatkan di hari Minggu pekan kedua bulan November dan kisaran harga Rp.1.130.000. Apabila berencana berangkat di bulan Desember tiket termurah bisa didapatkan pada awal pekan dengan harga tiket Rp.1.200.000.

Sedangkan penginapan jenis hotel bisa didapatkan dengan harga mulai Rp199.000 per malam dan untuk jenis asrama dimulai dari harga Rp98.000. Manfaatkan transportasi umum untuk jalan-jalan agar menghemat dana yang dimiliki.

Thailand

Sejumlah destinasi menarik bisa dinikmati secara gratis di Thailand. Contohnya di kota Bangkok, ada pemandangan kota dan gedung-gedung tinggi, Chinatown, mendatangi sejumlah kuil, pasar apung, pasar akhir pekan, hingga mengunjungi patung Buddha berbaring di kuil Wat Pho. Melipir ke Chiang Mai ataupun Koh Samui yang menawarkan destinasi paket lengkap seperti pantai, air terjun, hingga lanskap alam.

Untuk mendapatkan tiket pesawat murah menuju Bangkok, bisa dibeli di hari dan Minggu pekan keempat di bulan November dengan kisaran harga terendah, yakni Rp 1.700.000. Sedangkan bila berencana berlibur ke Thailand di bulan Desember, tiket termurah bisa didapat pada awal bulan atau pekan kedua dengan harga Rp 1.900.000 untuk keberangkatan hari atau Rabu.

Korea Selatan

Banyak hal yang bisa didapatkan secara gratis di Korea. Seperti nongkrong di tepi sungai di Hangang Park, melihat 12.000 artefak kuno di Museum Nasional Korea, bersantai di Taman Hutan Gyeongui Line, melihat arsitektur futuristik di Dongdaemun Design Plaza, hingga belanja dan jajan di Myeongdong Shopping street.

Jika berencana berlibur akhir tahun ke Korea pada bulan November, disarankan memesan tiket pesawat untuk keberangkatan pada hari Kamis pekan ketiga dengan harga mulai dari Rp 3.300.000. Sedangkan bila berencana berangkat pada bulan Desember, disarankan memesan tiket pesawat dengan jadwal keberangkatan tanggal 1 Desember dengan harga mulai dari Rp 3.350.000.

Lalu untuk tiket pulang, sebaiknya memilih tanggal lima atau delapan dengan kisaran harga mulai dari Rp 4.760.000. Apabila berencana bepergian ke beberapa kota dalam waktu singkat, bisa mempertimbangkan untuk membeli Korail Pass, yang menyediakan fasilitas pilihan harga yang sesuai dengan rentang waktu perjalanan.

Jepang

Jepang juga memiliki destinasi gratis yang bisa dikunjungi seperti Sensoji Temple, Takeshita street, Tokyo Tower, Tokyo Sky Tree Tower, patung Hachiko, Crossroad Shibuya, Sumida river, Akihabara, Namba Shrine, Fushimi Inari hingga Arashiyama.

Pilihlah hostel sebagai penginapan karena lebih murah dan fasilitasnya tidak begitu kalah jauh dengan hotel berbintang. Biasanya sekitar Rp 150.000 hingga Rp 500.000 per malam.

Untuk transportasi, jika hanya ingin berlibur di sekitar Tokyo atau Osaka-Kyoto, dengan asumsi mengunjungi tiga hingga empat tempat per hari, biaya transportasi umum (contoh kombinasi Metro, Subway, dan bus) yang dibutuhkan mulai dari 1.000 yen atau setara Rp 103 ribuan. Disarankan untuk membeli JR Pass agar lebih hemat bila ingin berkunjung ke tiga wilayah tersebut secara bersamaan.

Bisa dibilang makanan di Jepang sangat murah, apalagi street foodnya. Ada banyak tempat makan yang menawarkan set menu murah dengan harga sekitar 1.000 yen selama jam makan siang. Ada pula bento box yang tersedia dengan harga sekitar 500 yen atau sekitar Rp 50.000an.

Pesanlah tiket pesawat murah  untuk keberangkatan pada bulan November di hari pekan kedua atau ketiga yang harganya sekitar Rp 3.960.000. Sedangkan untuk keberangkatan bulan Desember disarankan memesan tiket pesawat di pekan pertama dengan kisaran harga termurah Rp 4.055.000.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here