Sunday, 5 May 2024
HomeTravellingReview Potret Keindahan Surga di Atas Awan, Berikut Lokasi Desa Wae Rebo

Review Potret Keindahan Surga di Atas Awan, Berikut Lokasi Desa Wae Rebo

Bogordaily.net di Flores menawarkan bak surga di atas awan pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Berikut review dan lokasi .

Butuh waktu sekitar 3 hingga 4 jam untuk dapat mencapai desa ini dan menikmati lanskap alam berupa deretan gunung dan 7 rumah adat berbentuk kerucut nan begitu purba.

Desa ini juga memiliki 7 rumah adat yang menjadi ikon dari Wae Rebo, yakni Mbaru Niang, yang berbentuk kerucut.

Diatas ke tinggian 1.200 mdpl menjadikan desa kecil ini terasa terpencil dan seakan menyatu dengan alam. Kabut sering kali turun menyelimuti desa karena memang desa ini berada di lembahan dari gunung gunung yang mengelilinginya.

Suhu udara yang ada pun kebanyakan turun, namun di antara suhu yang dingin itu Waerebo menyimpan kehangatannya tersendiri. Bukan karena sinar matahari atau tungku tungku diatas api melainkan karena penduduk Wae Rebo itu sendiri.

Hamparan rumput hijau yang dikelilingi pegunungan lengkap dengan kabut juga menjadi pesona desa. Sehingga memberikan kesan magis, namun damai, tenang, dan sejahtera.

Ada juga sumber mata air yang berasal dari pegunungan yang dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk mandi, mencuci, dan untuk minum sehari-hari. Sumber mata air ini dinamai Sosor, yang di mana terdapat dua jenis yaitu Sosor Pria dan Sosor Wanita.

Budaya di Wae Rebo pun masih kental. Yakni adanya upacara adat yang bernama Ritus Upacara Penti. Upacara ini merupakan bentuk syukur masyarakat kepada Tuhan dan roh leluhur terhadap semua bentuk harapan yang diterima selama satu tahun yang telah dilewati.

Desa Wae Rebo juga memiliki ragam seni yakni seperti rangku alu. Permainan serta tarian ini dilakukan dilakukan empat orang memegang empat tongkat bambu, memakai tongkat membentuk palang dan menggerak-gerakkannya. Sementara orang lainnya harus melompati bagian celahnya agar tidak terjepit bambu.

Lokasi

Dikutip dari siaran resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Desa Wae Rebo berlokasi di pegunungan terpencil di Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Timur.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here