Rujak Bebeg, Kuliner Penghilang Penat di Siang Bolong

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Kuliner · 4 Okt 2022 15:51 WIB

Rujak Bebeg, Kuliner Penghilang Penat di Siang Bolong


 Rujak bebeg atau rujak bebek.(Irfan/Bogordaily.net) Perbesar

Rujak bebeg atau rujak bebek.(Irfan/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Umumnya rujak buah yang kita ketahui dibuat dengan cara diuleg, tetapi ada rujak cara membuatnya yaitu berbeda dengan yang lainnya, yaitu dibebeg alias dibebek. Kuliner rujak bebeg bisa menjadi penghilang penat saat siang hari.

Sesuai dengan cara pembuatannya, rujak bebek alias rujak bebek terbuat dari buah-buahan atau bahan rujak pada umumnya, seperti nanas, kedondong, timun, jambu air, dan mangga muda. Dan yang membedakan yakni cara dan tempat pembuatannya.

Selain buah-buahan, bahan pembuat rujak ini yaitu, gula merah, cabe rawit, terasi dan garam kemudian dipadukan secara bersama dan dibebeg dalam satu tempat.

Tempat pembuatannya bernama dulang atau lumpang yang terbuat dari kayu pohon nangka. Biasanya dalam pembuatan rujak bebeg, membutuhkan waktu lima sampai sepuluh menit.

Belakangan rujak ini menjadi makanan favorit, khususnya di Kota Bogor. Harganya yang relatif murah, dan mencari untuk membelinya sangat mudah, rujak ini bisa menjadi penghilang penat pada siang hari.

Pedagang rujak bebeg atau rujak bebek, Maman saat menyajikan dagangannya. (Irfan/Bogordaily.net)

Rujak bebeg biasanya bisa kamu temui di sejumlah lokasi salah satunya di pinggir Jalan Raya Ciheuleut, Kota Bogor atau dekat dengan wilayah Universitas Pakuan (Unpak) Bogor. Kamu membelinya dengan harga Rp5000 sampai Rp10.000.

“Biasa keliling sampe ke perumahan Bogor Raya, terus ke kampus, dari jam 9 keluarnya. Kalau hujan gini mah pembelinya menurun,” kata sang penjual yang akrab disapa Maman, kepada Bogordaily.net, Selasa 4 Oktober 2022.

Meski musim hujan, kata Maman, pembeli rujak bebeg tetap ada, walaupun tak seramai saat musim kemarau. Namun pendapatannya bisa dikatakan lumayan.

“Kalau musim ujan ginimah ya paling bisa sampe 12 orang lebih yang beli, lumayan kalau pendapatan mah, alhamdullilah,” tutup Maman.(Muhammad Irfan Ramadan)

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Toko Dapurrasa Ibu Wie Grand Opening, Tawarkan Aneka Makanan dan Minuman

9 Desember 2022 - 19:21 WIB

Lumpur Surga, Rekomendasi Oleh-Oleh Kota Hujan Bisa Dibeli di Sini

9 Desember 2022 - 19:02 WIB

Beli Daging untuk Tahun Baru di Redbox Durian Frozen Food, Ada Promo Loh!

9 Desember 2022 - 12:49 WIB

Promo Tahun Baru Redbox

Catat, Promo Burger King Kupon Desember Diskon 50%

9 Desember 2022 - 10:08 WIB

kupon Burger King

Promo Paket Crazy Deal KFC Hari Ini Kamis, 8 Desember 2022

8 Desember 2022 - 12:23 WIB

Promo Crazy Deal KFC

Resep Mi Nyemek, Cocok Disantap Dikala Hujan Turun

8 Desember 2022 - 11:35 WIB

resep Mie Nyemek
Trending di Kuliner