Monday, 29 April 2024
HomeBeritaSegera Cek! 7 Gejala Awal Penderita Gagal Ginjal

Segera Cek! 7 Gejala Awal Penderita Gagal Ginjal

Bogordaily.net–  Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting untuk mentralkan tubuh dari racun yang masuk. Fungsi ginjal yang terganggu dalam tubuh tersebut bisa menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh sehingga mempengaruhi organ tubuh lainnya. Dikutip YourSay.id dari Halodoc.com, berikut tujuh gejala awal yang umum dialami oleh penderita :

Mudah Lelah

Penderita akan mengalami penurunan fungsi ginjal yang mengakibatkan adanya penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Kondisi ini membuat tubuh menjadi lebih mudah mengalami kelelahan hingga sulit berkonsentrasi. Dalam beberapa kasus, penderita akan mudah mengalami anemia.

Kulit kering dan gatal

Gangguan kadar mineral dan tulang dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan gatal. Munculnya rasa gatal sebagai tanda bahwa ginjal tidak mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam. Gejala ini sering terlihat pada pengidap stadium lanjut.

Keluarnya darah ketika buang air kecil dan urin yang berbusa

Ginjal berfungsi untuk menyaring limbah dari darah. Limbah tersebut kemudian dikeluarkan bersama urin. Namun ketika ginjal mengalami penurunan fungsi, maka proses penyaringan tersebut tidak berjalan dengan baik yang mengakibatkan darah ikut keluar bersama urin. Selain itu, bila terdapat busa pada urine menandakakan bahwa protein ikut keluar bersama urine.

Pembengkakan pada pergelangan tangan, kaki dan mata

Akibat turunnya fungsi ginjal terjadi retensi natrium sehingga menimbulkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, lengan dan wajah hingga mata. Namun, pembengkakan pada kaki juga mengindikasikan adanya penyakit lain seperti penyakit jantung, hati dan masalah vena kaki kronis.

Penurunan nafsu makan

Penderita akan mengalami penurunan nafsu makan yang terjadi secara konstan. Hal tersebut disebabkan karena adanya penumpukan racun dalam tubuh.

Sering kram otot

Gangguan fungsi ginjal juga menyebabkan elektrolit menjadi tidak seimbang. Akibatnya, fosfor, kalsium dan beberapa nutrisi lain mengalami penurunan hingga menyebabkan terjadinya kram otot.

Frekuensi buang air kecil meningkat

Adanya gangguan fungsi kerja ginjal mengakibatkan tubuh lebih sering mengeluarkan urine sebagai upaya pembuangan racum dalam darah. Kondisi ini umum dialami oleh penderita gangguang ginjal pada malam hari.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here