Monday, 29 April 2024
HomeBeritaSejarah Baru di Italia! PM Wanita Pertama Giorgia Meloni Dilantik

Sejarah Baru di Italia! PM Wanita Pertama Giorgia Meloni Dilantik

Bogordaily.net–  resmi dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) , Sabtu, 22 Oktober 2022 waktu setempat. Pelantikan Meloni sekaligus menjadi catatan sejarah baru bagi yang memiliki PM wanita pertama.

Dilansir CNN Indonesia, pelantikan Meloni juga sekaligus menjadi pemimpin sayap kanan pertama sejak terakhir dikuasai tokoh fasis Benito Mussolini.

Kepala Nasionalis Brothers of Italy ini meraih kemenangan dalam pemilihan bulan lalu sebagai bagian dari koalisi bersama Partai Forza pimpinan eks PM Silvio Berlusconi dan League pimpinan Matteo Salvini.

Meloni yang menggantikan posisi eks Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi menghadapi tantangan berat. Sebab ancaman resesi yang makin dekat, tagihan energi melonjak, dan perpecahan dalam koalisi imbas perang Rusia-Ukraina.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Meloni bagi-bagi kursi dengan memberi masing-masing lima kursi kementerian untuk Partai Forza dan League. Sisanya, ada sembilan jabatan kabinet untuk partainya sendiri, Brothers of Italy.

Sisa lima kursi menteri menjadi milik para teknokrat yang akan menyempurnakan daftar 24 menteri di kabinet pimpinan Meloni, di mana hanya ada enam wanita dengan rata-rata usia 60 tahun.

Kemudian posisi Menteri Ekonomi dipercayakan kepada Giancarlo Giorgetti dari League. Sedangkan Menteri Luar Negeri menjadi milik veteran Forza , yakni Antonio Tajani.

Sektor kementerian dalam negeri akan dipimpin Matteo Piantedosi yang tak terafiliasi partai. Sedangkan posisi Menteri Pertahanan jatuh kepada salah satu pendiri Brothers of Italy, Guido Crosetto.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here