Monday, 6 May 2024
HomeKota BogorSekian Lama Keropos, Akhirnya Jembatan Ledeng Direnovasi

Sekian Lama Keropos, Akhirnya Jembatan Ledeng Direnovasi

Bogordaily.net – Seletah sekian lama alami , di Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, mulai dilakukan pada Sabtu 29 Oktober 2022.

Menurut Ketua RW.07 Kelurahan Kebon Kalapa, Sofyan Sauri menjelaskan, bahwa pihaknya dapat merenovasi jembatan karena mendapatkan bantuan dari Djoni Handoyo berupa plat besi.

“Saya ucapkan terimakasih kepada donatur yang telah membiayai ini,” ungkap Sofyan Sauri.

Adanya renovasi di ini akses warga untuk melintas jembatan tersebut tidak bisa dilalui selama 14 hari.

Kata dia, bukan warga Sindangsari dan gunung batu saja yang melintas, bahkan dari warga Ciapus, Ciomas, Dramaga melintas ke .

“Karena pasca longsornya Jalan TB Muhammad Falak pada beberapa waktu lalu membuat ini menjadi Jalan alternatif,” katanya.

Sofyan Sauri berharap, dengan di perbaikinya jembatan ledeng dapat memberikan rasa aman kepada para pengguna jalan khususnya warga Gunung Batu dan Kebon Kalapa.

Diberitakan sebelumnya, Jembatan Ledeng yang bahan materialnya terbuat dari papan kayu untuk pijakan, saat ini dinilai membahayakan, untuk itu akan diganti menggunakan plat besi, yang mana dinilai lebih kuat dan aman saat dilalui oleh warga, terlebih menggunakan kendaraan roda dua.

Terlebih, longsor yang terjadi pada Jalan TB Muhammad Falak membuat Jembatan Ledeng Sindangsari itu menjadi jalur alternatif bagi banyak pengendara. Bahkan jumlah penggunanya meningkat hingga 10 kali lipat.

“Papan-papan kayu yang selama ini jadi tumpuan warga yang melintas akan diganti dengan plat besi yang lebih kokoh,”kata Lurah Gunung Batu, Delly Thamrin

Intensitas jumlah pengendara, kata Delly, semakin banyak, tapi kondisi papan semakin rusak. Ia khawatir timbul musibah yang tidak diinginkan, untuk itu renovasi secepatnya diperlukan, dan untuk sementara waktu petugas tutup jembatan Ledeng untuk para warga.

“Sempat diperbaiki beberapa kali melalui swadaya warga dan bantuan anggota dewan. Terakhir, papan jembatan ditambal dan diganti pada Minggu kemarin,” jelasnya.

Akses jembatan Ledeng tersebut merupakan akses vital yang menghubungkan Kelurahan Gunung Batu dan Kelurahan Kebon Kelapa Kota Bogor. Untuk itu terhadap papan kayu yang sedang dilakukan.

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here