Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaSelain Ampuh Usir Nyamuk, Berikut Manfaat Lain Lavender

Selain Ampuh Usir Nyamuk, Berikut Manfaat Lain Lavender

Bogordaily.net terkenal akan keharumannya yang menyenangkan dan menenangkan sehingga membantu tubuh untuk rileks. Di samping itu, ternyata memiliki banyak untuk .

Aroma yang kuat dan warna bunga yang cerah, menjadikan tanaman sebagai salah satu tanaman yang paling mudah dikenali.

Selain itu, tanaman juga termasuk dalam tumbuhan herbal yang memiliki banyak khasiat serta untuk pengobatan, kecantikan, dan kuliner.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lavender yang jarang diketahui.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Penelitian menunjukkan tanaman ini mampu meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh. Ini merupakan hormon alami tubuh yang berperan mengatur pola tidur. Ketika kadarnya seimbang, kualitas tidur bisa meningkat.

2. Mengatasi sakit kepala

Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak esensial lavender dapat membantu mengurangi sakit kepala. ini berasal dari sifat anti peradangan dari senyawa flavonoid nya.

3. Menangani masalah suasana hati

Lavender terkenal akan kemampuannya untuk menenangkan sistem saraf, meningkatkan suasana hati dan menurunkan tekanan darah. Hal ini telah dibuktikan dari penelitian yang mengungkap jika penggunaan tanaman ini dapat mengurangi kecemasan dan depresi.

4. Meredakan nyeri haid

Dalam sebuah penelitian, wanita yang menghirup aroma lavender selama 30 menit sehari selama tiga hari pertama menstruasi mengalami lebih sedikit rasa sakit setelah dua bulan. Penelitian lain juga telah menemukan kalau mengoleskan minyak esensial lavender ke perut bisa sedikit mengurangi nyeri haid.

5. Membunuh virus dan bakteri berbahaya

Sebelum antiseptik diciptakan, orang-orang terdahulu menggunakan lavender untuk membersihkan bangsal rumah sakit. Pasalnya, tanaman ini punya sifat antimikroba dan anti virusnya yang efektif membasmi bakteri dan virus.

6. Mengurangi gejala kolik

Satu studi menemukan bahwa pijat aromaterapi menggunakan minyak tanaman ini efektif dalam mengurangi gejala kolik pada bayi.

7. Mengatasi noda hitam di kulit

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam junal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, lavender yang memiliki sifat anti-inflamasi bisa membantu mengatasi noda hitam akibat eksim, jerawat, dan sebagainya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here