Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSelain Lizz Truss, Berikut Daftar Pemimpin Dunia dengan Jabatan Tersingkat

Selain Lizz Truss, Berikut Daftar Pemimpin Dunia dengan Jabatan Tersingkat

Bogordaily.net–  Perdana Menteri (PM) telah mengundurkan diri dari jabatannya. Truss mengambil langkah tersebut usai 45 hari menjabat atau menjadi salah satu pemimpin dunia dengan jabatan tersingkat. Penyebanya ia tak mampu membendung krisis ekonomi yang kini mendera .

“Saya tidak dapat menyampaikan mandat yang saya pilih oleh Partai Konservatif,” ucap Truss dalam pidatonya di depan kantor , Downing Street pada Kamis 20 Oktober 2022 lalu.

Truss menjadi salah satu pemimpin dunia dengan jabatan tersingkat. Ia hanya menjabat selama satu setengah bulan lebih tepatnya selama 45 hari. Selain Truss, ada beberapa pemimpin dunia di negara lainnya yang memiliki jabatan seumur jagung. Dilansir Suara.com, berikut daftar pemimpin dunia dengan jabatan tersingkat.

Presiden Amerika Serikat William Henry Harrison – 32 hari

Eks perwira militer Amerika Serikat William Henry Harrison merupakan presiden Negara Paman Sam dengan jabatan tersingkat. Harrison meninggal dunia di tengah masa jabatannya pada 4 April 1841 dan menjabat selama 32 hari.

Perdana Menteri Australia Frank Forde – 8 hari

Frank Forde dipilih menjadi perdana menteri Australia menggantikan John Curtis yang wafat di tengah masa jabatannya pada 5 Juli 1945. Sehari setelah Curtis meninggal, Forde didapuk untuk menggantikan kursi kosong perdana menteri. Tetapi, jabatan Forde hanya berlangsung delapan hari lantaran dirinya sekadar pengganti Curtis sebelum pemilu selanjutnya digelar.

Presiden Brazil Carlos Luz – 3 hari

Carloz Luz menjabat presiden Brazil antara 8-11 November 1955. Luz diberhentikan atas perintah Menteri Pertahanan lantaran ia dikhawatirkan akan melakukan sebuah manuever politik yang berbahaya.

Presiden Kenya Hezekiah Rabala Ochuka – 6 jam

Hezekiah Rabala Ochuka berhasil mengkudeta presiden Kenya yang sedang menjabat dan merebut jabatannya. Melalui kudeta berdarah tersebut, Ochuka akhirnya menjadi presiden. Ochuka hanya berkesempatan menikmati jabatan barunya tersebut dalam selang waktu delapan jam. Sebab, ia ditangkap dan diadili atas kudeta yang ia mulai. Ia dihukum gantung bersama bawahannya yang terlibat

Presiden Meksiko Pedro Lascurain – 1 jam

Pedro Lascurain dilantik sebagai presiden Meksiko pada 19 Februari 1913. Presiden Meksiko ke-38 tersebut juga mengakhiri jabatannya di hari yang sama saat dirinya dilantik. Satu jam setelah dirinya dilantik, Lascurain mengundurkan diri lantaran tak kuat dengan gejolak dan tekanan politik yang ia terima. Usut punya usut, dirinya dilantik presiden hanya untuk menjadi alat kudeta oleh seorang jenderal bernama Victoriano Hueta. Kudeta tersebut tak berjalan lama dan akhirnya kekuasaan Meksiko lepas dari tangan Hueta yang menggunakan Lascurain sebagai bonekanya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here