Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSering Luput, Ini Manfaat Kulit Ari Buah Salak

Sering Luput, Ini Manfaat Kulit Ari Buah Salak

Bogordaily.net – Kebiasaan membuang kulit ari salak ternyata sangat merugikan. Pasalnya bagian kulit ari ini punya yang hampir sama dengan daging buahnya.

Mungkin banyak yang sudah tidak asing dengan lapisan tipis berwarna putih seperti selaput yang melekat pada salak. Yap, daging salak memang dibalut semacam kulit ari.

Beberapa orang orang merasa perlu untuk membersihkan kulit air tersebut sebelum melahap salak.

Namun, ada juga yang tidak. Jadi, salak langsung dimakan sekaligus dengan kulit arinya.

Kulit ari salak memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi pencernaan. Berikut tujuh kulit ari pada buah salak.

1. Melancarkan pencernaan

Kulit ari salak dikatakan memiliki serat yang tinggi. Dengan serat, proses pencernaan dalam tubuh akan jadi makin baik dan lancar. Kulit ari juga akan mencegah kita mengalami sembelit setelah makan salak. Kulit ari akan bekerja memperlancar kerja usus saat kita mengonsumsinya.

2. Menyembuhkan Sariawan

Selain tinggi betakaroten, buah salak juga tinggi akan Vit C. Kandungan vitamin C ini akan mengurangi kemungkinan kita terkena sariawan atau bahkan menyembuhkannya. Untuk mendapatkan kandungan vit c yang sempurna, ada baiknya kita makan salak bersama kulit arinya.

Karena itu, jangan lagi buang kulit ari saat akan mengonsumsi salak ya. Jika ada kotoran dari kulit yang menempel pada kulit ari, cukup buang saja bagian yang kotor, jangan seluruhnya. Dengan begini, kita akan bisa mendapatkan nutrisi sempurna dari buah salak.

3. Menyehatkan mata

Kulit ari salak juga memiliki kandungan betakaroten yang tinggi, sama seperti buahnya. Berdasarkan Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen , dalam 100 gram salak terkandung betakaroten 5,5 kali lebih tinggi daripada mangga dan tiga kali lebih tinggi ketimbang jambu biji.

Betakaroten adalah nutrisi yang berguna menjaga mata. Jadi buah dan kulit ari salak bisa menjadi solusi sehat untuk mata selain wortel yang terkenal.

4. Sebagai zat anti racun alami

kulit ari buah salak mengandung anti oksidan yang tinggi, yang bisa membantu Fruitaholic memerangi radikal bebas dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh secara alami.Jadi mulai sekarang ubah kebiasaan makan buah salak dengan mengupas kulit arinya ya Fruitaholic.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here