Friday, 18 October 2024
HomePolitikSiap Jadi Capres 2024, Ganjar Didukung PSI

Siap Jadi Capres 2024, Ganjar Didukung PSI

Bogordaily.net–  Pasca menyatakan siap maju menjadi calon presiden (capres) pada pemilu 2024 mendatang, Ganjar Pranowo terus mendapat dukungan dari partai lain. Salah satunya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang menyatakan siap mendukung Ganjar menjadi calon presiden pada pemilu 2024. PSI bahkan siap sebagai garda terdepan.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengapresiasi pernyataan Ganjar Pranowo yang mengaku siap dicalonkan sebagai presiden RI.

“Pernyataan Mas Ganjar itu layak diapresiasi dan sudah ditunggu puluhan juta rakyat. Kalau beliau menjadi presiden, kecemasan bahwa Indonesia bakal terpuruk pasca-2024 bisa kita halau dari pikiran. Kita optimis untuk Indonesia yang semakin makmur, adil, dan toleran,” katanya dalam pernyataan tertulis dilansir Suara.com.

Grace menilai kepemimpinan nasional membutuhkan sosok yang sangat kompeten dan berintegritas, tidak boleh sosok medioker.

“Mas Ganjar sudah terbukti dengan kerjanya di Jawa Tengah. Dengan beliau menyatakan siap jadi capres, Indonesia punya harapan untuk memiliki presiden dengan kualitas yang tak kalah dengan Pak Jokowi,” kata Grace.

Sekretaris Jenderal Kornas Ganjarist Kris Tjantra menyambut deklarasi PSI untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada pemilu serentak 2024.

Relawan pendukung Ganjar sebagai calon presiden itu menyambut deklarasi PSI sebagai angin segar. Ganjarist senang partai mulai serius mempertimbangkan Ganjar sebagai calon presiden.

Dia juga menyampaikan harapan agar partai-partai mengikuti jejak Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

“Kami berharap partai-partai lain pun juga ikut memberi dukungan kepada Ganjar. Kami lihat jelas-jelas elektabilitas seseorang menjadi tolak ukur partai mengambil keputusan rasional,” kata Kris.

PSI mendeklarasikan politikus PDI Perjuangan itu sebagai calon presiden dan dianggap merupakan hal yang rasional karena elektabilitasnya yang tinggi.

Sebelumnya diberitakan Ganjar Pranowo menyatakan siap jika mendapat amanah menjadi capres 2-24 mendatang.

“Untuk bangsa dan negara ini, apa sih yang kita tidak siap,” kata Ganjar dalam wawancara dengan salah satu tv swasta.

Soal dukungan dari partai politik, di tengah sejumlah parpol di luar PDIP yang sudah menyatakan dukungan terhadap sosok capres, Ganjar mengaku menghormati proses yang terjadi di dalam partai politik.

Ia menambahkan, ketika partai nantinya telah membahas keseluruhan dan mencari sosok capres terbaik untuk bangsa, maka semua kalangan harus siap. Ganjar juga meyakini politik akan sangat memengaruhi proses tersebut.

Di sisi lain, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, Ketua Umum PDIP-DPP Megawati Soekarno putri sejauh ini belum memberikan restu kepada siapapun terkait pencapresan. Termasuk, belum juga kepada Ganjar Pranowo yang telah menyatakan kesiapan dirinya ikut mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2024.

“Ya namanya aja belum diumumkan, restu itu nanti,” ujar Hasto, di Sekolah Partai PDIP di Jakarta Selatan sebagaimana dilansir Suara.com.

Hasto mencontohkan bagaimana Megawati memberikan restunya ketika Jokowi mencalonkan diri sebagai calon presiden pada tahun 2014.

“Seperti sebelumnya dulu, ketika bu Mega memutuskan dan memutuskan dalam tulisan tangan beliau untuk menetapkan Pak Jokowi sebagai capres pada Maret 2014,” katanya.

Hasto merasa pernyataan Ganjar adalah hal yang wajar yang harus dikomunikasikan kepada seluruh kader PDIP. Menurutnya, ketika diminta untuk bangsa dan negara, sudah seharusnya para kader yang terdidik menjawab dengan bijak.

“Jawaban Pak Ganjar supaya kita benar-benar melihatnya d dalam perspektif politik yang benar. Kalau untuk bangsa dan negara, kita siap. Itu adalah pendidikan kaderisasi partai, semua kader partai harus siap ditempatkan dimana pun, saya sebagai sekjen ditugaskan di ranting, harus siap. Dari Gubernur yang ditugaskan di PAC harus siap. Itu disiplin yang dilakukan oleh partai,” jelas Hasto.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here