Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalSidang Perdana, Bharada E Minta Maaf hingga Sebut Tak Bisa Tolak Perintah...

Sidang Perdana, Bharada E Minta Maaf hingga Sebut Tak Bisa Tolak Perintah Jenderal

Bogordaily.net–  Sidang perdana kasus pembunuhan Nopriyansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan terdakwa Bharada Richard Eliezer Pudihan Lumiu atau digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa, 18 Oktober 2022.

Dalam dakwaan jaksa, didakwa ikut terlibat dalam pembunuhan Brigadir J. Surat dakwaan dibacakan jaksa secara bergiliran.

disebut menembak Brigadir J atas perintah dari Ferdy Sambo. Fakta dalam surat dakwaan itu juga disampaikan, bahwa sesampai di rumah dinas Duren Tiga sebelum penembakan terjadi, naik ke lantai dua dan masuk ke kamar ajudan, tetapi tidak untuk mengurungkan dan menghindari diri dari kehendak jahat merampas nyawa Brigadir J.

“Terdakwa Richard Eliezer justru melakukan ritual berdoa berdasarkan keyakinannya meneguhkan kehendaknya sebelum melakukan perbuatan merampas nyawa korban Nofriansyah Yosua Hutabarat,” kata jaksa dalam dakwaanya.

Sekitar pukul 12.25 WIB, majelis hakim menutup sidang dengan agenda pembacaan dakwaan. tampak menunduk sebagai tanda hormat saat majelis hakim keluar meninggalkan ruangan sidang. Setelah itu, berdiskusi dengan tim penasihat hukumnya.

“Maaf teman-teman, adik kita Saudara Eliezer ingin menyampaikan sesuatu. Silahkan Richard,” ujar tim pengacara sembari memberikan mik kepada dilansir Suara.com.

“Mohon izin, sekali lagi, saya menyampaikan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kejadian yang telah menimpa almarhum Bang Yos (Brigadir J). Saya berdoa semoga Almarhum Bang Yos diterima di sisi Tuhan Yesus Kristus, dan untuk keluarga Bang Yos Bapak Ibu, Reza serta seluruh keluarga Bang Yos saya memohon maaf, semoga permohonan maaf saya ini dapat diterima oleh pihak keluarga,” ujar .

“Tuhan Yesus selalu memberikan kekuatan serta penghiburan buat keluarga Bang Yos, saya sangat menyesali perbuatan saya, cuma saya ingin menyatakan, bahwa saya hanya seorang anggota yang tidak memiliki kemampuan untuk menolak perintah dari seorang jenderal, terima kasih, Minggu 16 Oktober 2022, Rutan Bareskrim,” ujar dengan nada sedih.

“Oke teman-teman terima kasih ya,” timpal pengacara Bharada E.

Banjir Dukungan

Sementara itu dukungan publik mengalir untuk Bharada E. Beberapa karangan bunga berisi pesan buat sang terdakwa berjejer di gerbang PN Jaksel. Dukungan itu berbarengan dengan sidang perdana Richard dengan agenda pembacaan surat dakwaan.

Salah satu karangan bunga itu berasal dari Ibu-Ibu Online. Karangan bunga berwarna merah itu memberikan semangat kepada Richard.

“Semangat berjuang anak tuhan, doa ibu-ibu tetap selalu bersamamu,” demikian tulisan karangan bunga Ibu-Ibu Online.

Tak hanya itu empat pemudi yang mendapuk diri sebagai fans Bharada E juga hadir di PN Jaksel. Fans bernama Richliefams.id datang mengawal Richard yang menjalani sidang perdana kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

“Richliefams.id itu Richard Eliezer Indonesia. Jadi dari fansnya Bharada E di seluruh indonesia kebetulan ini yang hadir dari Jabodetabek sama dari Surabaya,” kata Dea, perwakilan fans Richard di lokasi.

Dea mengatakan, kehadiran mereka dalam rangka memberi dukungan moral kepada Richard. Terlebih, dia juga berasal dari kampung yang sama, yakni Sulawesi Utara.

“Dukung karena Richard satu kampung sama aku. Jadi sama-sama dari Manado. Kami respect kalau misalnya dia mau jujur itu aja sih, buat keadilan,” kata Dea.

Dea dan kawan-kawan mengaku menjadi fans Richard semenjak kasus penembakan di rumah dinas Ferdy Sambo mencuat ke publik. Dia mengaku tidak paham betul kasus pembunuhan yang turut melibatkan Putri Candrawathi, istri Sambo tersebut.

Sebelumnya, pada Senin, 17 Oktober 2022, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah lebih dahulu menggelar sidang pembacaan dakwaan terhadap Ferdy Sambo, Putri, Ricky, dan Kuat. Kelima didakwa dengan dengan Pasal 340 KUHP Juncto Pasal 55 Ayat 1 ke 1 Subsider Pasal 338 KUHP Juncto Pasal 54 Ayat 1 ke 1.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here