Monday, 6 May 2024
HomeBeritaStop! Jangan Lakukan Ini Karena Bisa Menyebabkan Kepala Pusing Saat Bangun Tidur

Stop! Jangan Lakukan Ini Karena Bisa Menyebabkan Kepala Pusing Saat Bangun Tidur

Bogordaily.net – Pernahkah kamu mengalami sakit kepala saat ? kepala pusing mungkin pernah dialami oleh kebanyakan dari kita. Kondisi ini bisa terjadi karena sejumlah alasan.

Beberapa orang mungkin merasa goyah hingga nyaris terjatuh saat beranjak dari tempat tidur akibat merasa pusing. Meski umumnya tidak berbahaya, pusing saat bisa saja mengganggu aktivitas sepanjang hari.

Lantas, apa penyebab pusing saat ? Bisakah kondisi tersebut diatasi?

Ada berbagai penyebab terasa pusing

1. Dehidrasi

Salah satu penyebab utama pusing saat di pagi hari adalah kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi.

pusing, misalnya, bisa menjadi gejala hangover setelah menenggak banyak minuman beralkohol semalam. Minum alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan.

Meski tidak minum alkohol sekalipun, kamu masih mungkin mengalami dehidrasi. Hal tersebut bisa terjadi akibat bekerja di lingkungan dengan suhu panas, tidak cukup minum air selama beraktivitas, minum cairan obat diuretik, minum minuman yang mengandung kafein, atau berkeringat terlalu banyak.

2. Kebiasaan menggeretakkan gigi

Kamu pasti pernah dengar seseorang yang menggeretakkan gigi saat tidur, ternyata kebiasaan tersebut dapat membuat kepala terasa pusing ketika . Kondisi ini disebabkan oleh terjadinya penegangan otot di bagian wajah. Padahal, seharusnya otot tersebut rileks saat tertidur.

3. Gula darah rendah

Pusing saat juga dapat menjadi salah satu tanda bahwa kadar gula darah dalam tubuh rendah. Terlebih pada penderita diabetes dan menggunakan insulin, hal tersebut mungkin saja jadi penyebab bangun tidur pusing.

4. Durasi tidur

Durasi tidur yang terlalu lama atau terlalu cepat dapat membuat kepala terasa sakit. Durasi tidur lebih dari 8—9 jam bisa menjadi salah satu faktor penyebab sakit kepala yang umumnya terjadi pada kaum rebahan. Jadi, jangan terlalu banyak tidur biar gak sakit kepala, ya!

5. Minum kafein sebelum tidur

Jangan makan cokelat atau minum minuman berkafein sebelum tidur karena bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur. Kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh menjadi kelelahan dan kualitas tidur menurun. Selain itu, gaya hidup dan faktor makanan memang menjadi salah satu penyebab sakit kepala yang jarang disadari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here