Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaStop Lakukan Ini, Kalau Enggak Mau Kena Penyakit Ginjal!

Stop Lakukan Ini, Kalau Enggak Mau Kena Penyakit Ginjal!

Bogordaily.net– Penyakit sangat berbahaya bagi , namun penyakit ini bisa dicegah. Di antaranya dengan menghindari berbagai kebiasaan buruk sehari-hari yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit . Lalu, apa saja kebiasaan buruk yang harus dicegah atau disudahi jika ingin menekan risiko terkena penyakit ? Mengutip YourSay.id dari laman KlikDokter, berikut beberapa kebiasaan yang mesti kamu jauhi.

Kurang minum air putih

Bagi orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih sekitar 8 gelas sehari. Kecukupan air ini penting, lho, supaya bisa berfungsi normal. Saat tubuh kurang cairan, maka kerja jadi lebih berat dalam menyaring darah dan membuang racun dalam tubuh. Jika ini terus-menerus terjadi, jadi rusak dan bisa menyebabkan gagal yang mengharuskan penderitanya untuk cuci darah seumur hidup.

Kebiasaan merokok

Nah, kebiasaan ini sering banget menuai pro kontra di tengah masyarakat. Kalimat andalan para perokok adalah, “Si anu sudah umur hampir 100 tahun gak sakit, kok, meskipun perokok berat”. Padahal, sudah banyak pakar dan penelitian yang mengungkap bahaya rokok.

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa para perokok cenderung mengalami proteinuria, yakni adanya kandungan protein pada urine. Hal ini jadi salah satu indikator rusaknya ginjal. Selain itu, rokok juga bisa merusak pembuluh darah, termasuk pembuluh darah ginjal. Jadi, kalau dibilang rokok gak berpengaruh ke cuma mitos aja, ya.

Berlebihan mengonsumsi daging

Daging merah merupakan sumber protein yang dibutuhkan tubuh. Tapi, mengonsumsinya berlebihan malah bisa merusak badan, lho. Terlalu sering mengonsumsi daging merah dapat menyebabkan jumlah protein dalam darah jadi berlebih dan menyebabkan asidosis, yakni darah menjadi asam. Kondisi ini tak hanya membahayakan ginjal, tapi juga tubuh secara keseluruhan.

Kurang aktivitas fisik

Aktivitas fisik sangat penting supaya peredaran darah lancar serta tekanan darah tetap stabil. Kondisi ini sangat vital untuk menjaga ginjal tetap sehat dan berfungsi normal.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here