Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaTak Disadari, 5 Kebiasaan Ini Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Tak Disadari, 5 Kebiasaan Ini Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Bogordaily.net – Banyak ragam kebiasaan sehari-hari yang bisa membawa pengaruh buruk bagi , namun sebagian orang mungkin tidak menyadarinya.

Seperti dilansir dari laman WebMD, Jumat, 20 Oktober 2022,  berikut lima kebiasaan harian yang bisa saja membawa dampak buruk bagi :

1. Menggigit Kuku

Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan tanpa sadar adalah menggigit kuku. Kebiasaan ini tak hanya bisa merusak kulit di sekitar kuku, tetapi juga gigi.

Orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku juga cenderung lebih sering mengalami pilek atau beberapa penyakit lain, karena mereka terpapar oleh kuman dari jari-jari mereka.

Bila kebiasaan ini dipicu oleh stres, coba lakukan beberapa upaya yang bisa membantu mengelola stres. Olahraga atau berkonsultasi dengan tenaga profesional bisa membantu meredakannya.

2. Volume Headphone Terlalu Keras

Paparan suara yang terlalu keras dari headphone bisa berdampak buruk bagi telinga. Pengaturan volume headphone sebaiknya tak melebihi 75 desibel atau setara dengan suara vacuum cleaner.

Sebagai perbandingan, percakapan normal umumnya mengeluarkan suara sebesar 60 desibel. Pastikan juga untuk tidak menggunakan headphone lebih dari dua jam dalam satu waktu.

Orang yang terbiasa mendengar suara keras atau bising memiliki kemungkinan lebih besar untuk kehilangan indra pendengaran di saat lanjut usia. Kehilangan indra pendengaran di usia lanjut kerap berkaitan dengan masalah berpikir dan kehilangan jaringan otak.

3. Jelang Tidur

Bersantai sebelum tidur sambil mencari hiburan di perangkat elektronik memang mengasyikkan. Akan tetapi, kebiasaan ini bisa membuat pengguna gawai terpapar sinar biru sesaat sebelum tidur.

Di samping bisa mengganggu tidur, paparan sinar apa pun di malam hari diketahui bisa berkaitan dengan kanker, khususnya kanker payudara dan prostat, diabetes, obesitas, serta penyakit jantung.

Coba cari alternatif hiburan atau kegiatan penenang lain sesaat sebelum tidur. Salah satu di antaranya adalah membaca buku. Pastikan pula kondisi ruangan gelap dan sunyi agar kualitas tidur lebih terjaga.

4. Makan Terlalu Cepat

Kebiasaan menyantap makanan terlalu cepat dapat membuat rasa kenyang yang muncul tidak optimal. Selain itu, kebiasaan dapat meningkatkan kemungkinan makan berlebih di waktu berikutnya.

Menikmati makanan secara perlahan dapat memberikan rasa kenyang yang lebih baik dengan jumlah makanan yang lebih sedikit.

5. Terlalu Lama

Orang yang tak merasa terhubung dengan orang lain memiliki kecenderungan lebih besar untuk terkena tekanan darah tinggi, depresi, masalah otak seperti penyakit Alzheimer, dan peradangan.

Bila merasa sendiri dan kesepian, coba lakukan beberapa hal yang dapat membantu. Cobalah bergabung dengan klub sosial, menghubungi keluarga atau teman, atau melibatkan diri dalam komunitas baru.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here