Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaTak Disangka-sangka! 5 Jenis Sayur dan Minuman Ini Bisa Cegah Kanker

Tak Disangka-sangka! 5 Jenis Sayur dan Minuman Ini Bisa Cegah Kanker

Bogordaily.net – 42 persen dari semua kasus dapat dicegah dengan mengikuti pola makan sehat seperti mengkonsumsi sayur, bahkan merubah gaya hidup menurut American Cancer Society.

Seperti dilansir dari laman Consumer Reports, Direktur program nutrisi di Institut Amerika untuk penelitian , Sheena Patel mengatakan makanan nabati dapat memperlambat pemicu .

“Makanan nabati mengandung vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia yang dapat memperlambat atau menghentikan beberapa proses pemicu atau pertumbuhannya, seperti peradangan dan kerusakan DNA,” jelas Sheena Patel.

Berikut delapan makanan yang disebut bisa mencegah :

1. Brokoli dan Kembang Kol

Sayuran silangan ini, kelompok yang juga mencakup kubis brussel, kangkung, dan lobak, memiliki rasa pahit dari isothiocyanates. Senyawa ini mengurangi peradangan dan menonaktifkan bahan kimia penyebab .

Seorang profesor onkologi di Roswell Park Comprehensive Cancer Center di Buffalo, NY, Kirsten Moysich menjelaskan pilihlah cara untuk memasaknya, yaitu menumis atau mengukus daripada merebus.

2. Kacang

Ngemil satu ons kacang setiap hari mengurangi risiko sebesar 15 persen. Kacang memiliki vitamin E dan fitokimia, serta antioksidan lainnya yang dapat menangkal perubahan sel penyebab .

3. Wortel

Wortel memasok karotenoid, terutama beta karoten. Wortel secara teratur dapat melindungi dari payudara, kolorektal, dan paru-paru. Selain mengemil wortel mentah, coba gunakan wortel cincang atau parut dalam sup, smoothie, dan saus spageti.

4. Sayuran Hijau Berdaun Gelap

Patel mengatakan sayuran ini mengandung berbagai vitamin, termasuk A, C, dan K, ditambah potasium dan serat. Sayuran berdaun gelap juga tinggi karotenoid dan vitamin B folat, yang keduanya dapat membantu menjaga dari kerusakan DNA.

Bayam merupakan sumber lutein dan zeaxanthin, yang dapat melindungi dari kulit.

5. Kopi

Sebuah studi 2007 di Gastroenterology menemukan bahwa minum dua cangkir kopi per hari mengurangi risiko kanker hati sebesar 43 persen. “Kuncinya adalah bagaimana Anda menyajikannya,” ujar Patel.

Tetap dengan kopi hitam polos. Food and Drug Administration (FDA) AS merekomendasikan tidak lebih dari 400 miligram sehari, atau sekitar empat atau lima cangkir kopi seduh.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here