Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaTak Hanya Diabetes, Ini Bahaya Lain jika Konsumsi Gula Berlebih

Tak Hanya Diabetes, Ini Bahaya Lain jika Konsumsi Gula Berlebih

Bogordaily.net – Sering digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan, pelengkap minuman teh dan kopi, serta pengawet dalam industri makanan, konsumsi berlebih sangat tidak diajurkan.

Melansir Healthline, para ahli mengatakan konsumsi adalah penyebab utama obesitas dan risiko penyakit kronis seperti diabetes.

Tidak hanya itu saja, lho. Berikut akan dibahas bahaya lain dari asupan yang berlebihan:

1. Penyebab kulit berjerawat

Munculnya jerawat bukan hanya karena kamu malas membersihkan wajah, lho. Makanan juga bisa berperan. Misalnya, kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Postepy Dermatol Allergol menunjukkan bahwa makan makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan jerawat.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi menyebabkan peningkatan kadar darah dan insulin dalam waktu yang cepat. Kondisi ini menyebabkan sekresi hormon androgen yang memicu peningkatan produksi sebum, yang berperan penting dalam munculnya jerawat.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi antara lain nasi putih, roti tawar, minuman bersoda, serta makanan dan minuman manis lainnya.

2. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung membunuh sekitar 655.000 orang Amerika setiap tahun, menurut laporan tahun 2020 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Dengan angka yang menakutkan seperti itu, penyakit ini tidak boleh dianggap remeh, lho.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal HHS Author Manuscripts mengungkapkan sesuatu yang sangat mengejutkan. Ternyata, makanan tinggi telah diamati jauh lebih berisiko terhadap penyakit jantung dibandingkan makanan yang mengandung lemak jenuh.

Kenapa bisa begitu? Terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas dan peradangan, meningkatkan trigliserida dan kadar darah, serta meningkatkan tekanan darah. Ini semua adalah faktor penyebab penyakit jantung.

3. Meningkatkan risiko depresi

Depresi adalah masalah kesehatan mental yang sering dialami banyak orang. Sebuah studi di Scientific Reports menemukan bahwa asupan yang berlebihan memiliki efek negatif jangka panjang pada kesehatan mental.

Orang yang mengonsumsi hingga 67 gram per hari memiliki risiko depresi yang lebih tinggi (hingga 23%) dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari 40 gram per hari. Yuk, mulai mengerem konsumsi gula dari sekarang!***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here