Friday, 29 March 2024
HomeBeritaTak Perlu Panik, Ini Cara Menurunkan Demam pada Anak Tanpa Minum Obat

Tak Perlu Panik, Ini Cara Menurunkan Demam pada Anak Tanpa Minum Obat

Bogordaily.net – Baru-baru ini Kementerian (Kemenkes) menyetop penjualan seluruh jenis obat sirup sebagai langkah pencegahan kasus gagal ginjal akut di Indonesia. Nah, bagi anak yang alami demam, gak melulu harus meminum obat. Berikut cara menurunkan demam pada anak tanpa obat.

Cara menurunkan panas pada anak bisa dilakukan dengan beragam cara, mulai dari konsumsi obat atau dengan cara alami.

Obat sirup umumnya akan menjadi pilihan orang tua untuk menurunkan panas pada anak mereka.

Berikut beberapa cara menurunkan demam pada anak tanpa perlu mengonsumsi obat.

1. Minum banyak air

Ketika Si Kecil demam, tubuhnya akan berusaha mendinginkan diri dengan cara berkeringat. Namun, hal ini dapat membuat cairan tubuh berkurang, bahkan hingga dehidrasi. Semakin tinggi suhu tubuh Si Kecil, semakin besar pula risiko terkena dehidrasi.

Untuk mencegah dehidrasi sekaligus menurunkan panas pada anak, orang tua dapat memberikan Si Kecil air minum yang banyak. Tidak hanya air putih, Si Kecil juga bisa diberi jus buah, susu formula, ASI, atau sup.

2. Gunakan pakaian yang tipis

Hindari memakaikan berlapis-lapis pakaian pada Si Kecil. Lebih baik berikan satu lapis pakaian yang agak tipis untuk menurunkan panas pada anak secara alami. Jika Si Kecil kedinginan, berikan selimut tipis sampai dia merasa hangat lagi.

3. Kompres dingin

Meletakkan kain atau handuk kecil yang sudah dibasahi air dingin di dahi Si Kecil juga bisa menjadi cara menurunkan panas pada anak secara alami. Selain di leher, orang tua juga dapat menaruh kompres dingin di dada, selangkangan, pergelangan tangan, atau ketiak.

Namun Ayah dan Bunda perlu menginat, bahwa kompres dingin menggunakan es, cold pack, maupun ice gel langsung ke kulit anak akan menyebabkan anak menggigil atau dapat melukai kulit. Jadi usahakan kompres menggunakan air dingin maupun lilit es menggunakan handuk.

4. Mandi atau seka dengan air hangat

Mandi air atau seka menggunakan air hangat merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan panas pada anak secara alami.

Air hangat dapat membuat tubuh dan ototnya menjadi relaks sehingga Si Kecil bisa tidur lebih nyenyak. Sedangkan air dingin bisa membuat Si Kecil menggigil dan menyebabkan suhu tubuhnya naik.

5. Menjaga aktivitas anak

Orang tua juga bisa menjaga aktivitas anak selama mereka sedang demam. Pastikan anak tidak berlarian atau beraktivitas yang menguras tenaga.

Namun, bukan berarti anak harus terus tidur di kamar. Orang tua bisa mengajak anak tersebut untuk beranjak dari tempat tidur dan berjalan-jalan ringan di sekitar rumah.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here