Friday, 19 April 2024
HomeBeritaTanpa Minum Obat, Ini Cara Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Tanpa Minum Obat, Ini Cara Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Bogordaily.net–  merupakan organ penting yang berperan dalam menyaring zat beracun di tubuh. Bukan tidak mungkin Anda terkena penyakit jika tidak dijaga dengan baik. Ada beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan dan tidak sedikit pula yang harus dikurangi agar dapat bekerja secara optimal dan tetap sehat. Dilansir dari lama Hellosehat.com, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat tetap sehat.

1. Pola makan sehat

Anda bisa mulai dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ada beberapa jenis sayur dan buah yang ternyata baik untuk kesehatan , seperti buah ceri yang rendah kalium dapat mengendalikan keasaman di tubuh; sayuran rendah kalium, seperti kol, lobak, dan terong untuk menyeimbangkan mineral kalium; apel yang kaya akan antioksidan dan rendah kalium tidak memberatkan kerja .

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak dan purin, seperti jeroan. Sebab, makanan yang tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat yang pada dapat mengganggu fungsi .

2. Penuhi kebutuhan cairan

Minum air putih ternyata penting untuk menjaga kesehatan . Cara menyehatkan yang satu ini cukup alami dan bisa digunakan untuk mencegah penyakit.

Penuhi kebutuhan cairan dengan air putih dapat membantu melancarkan proses menyaring darah saat membuang limbah beracun. Dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, kemampuan yang sehat untuk menyaring sekitar 150 liter darah per hari.

Lewat penyaringan ini, ginjal membuang limbah (zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh) dalam darah, seperti natrium, kalium, fosfor, kalium. Air dalam tubuh akan membantu menjaga pembuluh darah terbuka, sehingga darah dapat melewati ginjal dengan lancar.

Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Sebab, ginjal berperan penting dalam menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Keseimbangan tersebut yang membuat saraf, otot, dan jaringan berfungsi dengan normal.

Menjaga kesehatan ginjal dengan cara ini mencegah terbentuknya batu ginjal akibat dehidrasi. Minum air putih yang cukup ternyata membantu ginjal mengeluarkan limbah dengan baik. Namun, jangan sampai Anda minum air putih kebanyakan.

3. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ginjal. Olahraga teratur dapat membantu tubuh mengontrol tekanan darah, glukosa, dan kadar kolesterol. Ketiganya komponen tersebut adalah hal yang perlu dikendalikan untuk mencegah penyakit ginjal.

4. Tidak sembarang minum obat dan vitamin

Penggunaan obat yang terlalu sering dalam jumlah banyak dapat merusak ginjal karena ginjal berperan dalam pembuangan sisa-sisa obat dari tubuh. Obat-obatan seperti obat NSAID dan pencahar perlu diminum seusai dengan rekomendasi dokter demi menjaga kesehatan ginjal Anda. Jangan pernah sembarangan ketika mengonsumsi obat. Sebab, penyakit ginjal bisa muncul akibat terlalu lama dan terlalu banyak minum obat-obatan dari yang dianjurkan.

5. Berhenti merokok

Kandungan dalam rokok dapat merusak tubuh, termasuk fungsi ginjal. Zat beracun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menghambat aliran darah. Akibatnya, jantung perlu bekerja lebih keras agar darah terpompa dan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit ginjal.

6. Membatasi minum minuman beralkohol

Berbagai kerusakan bisa terjadi jika Anda tidak membatasi alkohol yang masuk ke tubuh, termasuk penurunan fungsi ginjal. Hal ini karena efek diuretik pada alkohol bisa meningkatkan jumlah urine yang diproduksi. Akibatnya, ginjal sulit mengatur aliran urine dan cairan tubuh, termasuk mengendalikan ion natrium, kalium, dan klorida.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here