Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorTiga Anak di Kabupaten Bogor Meninggal Karena Gagal Ginjal Akut, Ini Pesan...

Tiga Anak di Kabupaten Bogor Meninggal Karena Gagal Ginjal Akut, Ini Pesan Dinkes

Bogordaily.net–  Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat terdapat tiga anak di meninggal karena gagal ginjal akut.

Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan , Adang Mulyana mengatakan tiga anak yang meninggal tersebut merupakan warga Kecamatan Citeureup, Gunung Putri, dan Jonggol.

“Iya ada tiga yang meninggal, dua kasus lama bulan Agustus, kalau yang satu, bulan Oktober,” kata Adang saat dikonfirmasi Jumat, 28 Oktober 2022.

Meski demikian Adang mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik dengan adanya penyakit gagal ginjal akut. Termasuk agar masyarakat terutama anak-anak, mengonsumsi makanan sehat.

“Tentu yang harus dijaga konsumsi makanan, kemudian banyak minum, mungkin kalau anak-anak bagusnya bawa makanan dari rumah, lebih aman, lebih sehat,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Rabu, 26 Oktober 2022 lalu Dinas Kesehatan (Dinkes) menyebut belum ada laporan kasus gagal ginjal akut pada anak akibat obat sirup, di wilayah .

Staf Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan , Tri Wahyuningsih mengatakan berdasarkan data dari Dinas Kesehatan belum ada laporan yang terkena penyakit gagal ginjal pada akut yang diakibatkan oleh obat sirup.

“Belum ada laporan yang terkena gagal ginjal akut pada anak, dan harapannya tidak ada yang terkena penyakit tersebut,” ujar Tri Wahyuningsih, Rabu, 26 Oktober 2022.

Di sisi lain, Polres Bogor juga telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah apotek di wilayah, Cibinong, , pada Rabu 26 Oktober 2022.

Pantauan Bogordaily.net telihat jajaran Polres Bogor bersama Dinas Kesehatan, Ikatan Apoteker dan juga BPOM tengah mengecek peredaran obat sirup yang ada di apotek wilayah Cibinong.

Hal itu untuk mengawasi peredaran obat sirup yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak-anak di .(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here