Thursday, 25 April 2024
HomePolitikTiga Parpol Ini Belum Penuhi Syarat Verifikasi Faktual

Tiga Parpol Ini Belum Penuhi Syarat Verifikasi Faktual

Bogordaily.net – Ada tiga temuan parpol yang Belum Memenuhi Syarat (BMS) saat mengawasi proses verifikasi faktual KPU setempat, kepada 10 partai nonparlemen dan partai baru. Hal itu diungkapkan oleh Badan Pengawas Pemilu () Bandar Lampung.

Sepuluh parpol itu adalah Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Garuda Perubahan Indonesia (Garuda).

Selanjutnya, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Ummat, Partai Gelombang Rakyat (Gelora), dan Partai Buruh.

“Temuan dalam verifikasi faktual, ditemukan tiga partai yang BMS Syarat Verifikasi Faktual,” ujar Ketua Bandar Lampung, Candrawansah, dikutip dari RMOL, Rabu 26 Oktober 2022.

Rinciannya, Partai Ummat Bandar Lampung bisa BMS akibat Nomor Induk Kependudukan Ketuanya berbeda di Sipol dan hardcopy.

Kemudian, Partai Garuda yang Surat Keputusan (SK) Kepengurusan Ketua Sekretaris dan Bendahara (KSB) di Sipol dengan hardcopy berbeda.

“Dan Partai PLN yang tidak ada bukti kepemilikan kantor setidaknya sampai proses Pemilu berakhir,” jelas Candrawansah.

Saat ini, verifikasi faktual parpol calon peserta pemilu masih berlangsung dan dijadwalkan rampung pada 4 November mendatang. Bagi parpol yang nantinya dinyatakan BMS, maka harus melakukan perbaikan untuk diverifikasi faktual tahap kedua.

Sebelumnya, Ketua KPU Bandar Lampung Dedy Triadi mengatakan, selama verifikasi faktual pihaknya memperhatikan tiga hal. Yakni kesesuaian antara Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Anggota (KTA), dan kehadiran fisik.

“Selanjutnya melihat status kantor sekretariat, apakah sewa atau hibah, dan yang terakhir memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan,” terang Dedy.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here