Sunday, 6 October 2024
HomeKabupaten BogorTingkatkan Keimanan, IUQI Bogor Khotmil Qur'an dan Kajian Rutin

Tingkatkan Keimanan, IUQI Bogor Khotmil Qur’an dan Kajian Rutin

Bogordaily.net–  Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor mengadakan Khotmil Qur’an dan kajian rutin bagi mahasiswa, dosen, dan staf kampus untuk menghafal Al-Qur’an sampai 30 juz.

Acara kajian ini bertempat di Masjid Al-Hasyimi yang berada di area lingkungan Kampus IUQI Bogor, Jalan Mohnoh Nur No.112, Leuwimekar, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Dalam kegiatan Khotmil Qur’an dan kajian rutin ini diisi pemateri dari luar kampus IUQI Bogor yakni rektor dari Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Prof Dr. Endin Mujahidin, M.Si dengan membahas model pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual di perguruan tinggi.

Menurutnya, agar tidak terjadi kekerasan seksual di perguruan tinggi atau lingkungan kampus, tentunya dengan meningkatkan kegiatan Aswaja Center.

“Meningkatkan kualitas mahasiswa dan mahasiswi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh rektorat dan civitas akademika Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor (IUQI) Bogor,” ujar Rektor dari Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Prof Dr. Endin Mujahidin, M.Si, Kamis 13 Oktober 2022.

Senada, Rektor Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor IUQI Bogor Dr. Saiful Falah, M.Pd.I mengatakan, kegiatan Aswaja Center ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa IUQI Bogor dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT. Pelaksanaan kegiatan dilakukan setiap seminggu sekali dan sudah terjadwalkan.

Untuk pemateri dari kegiatan Aswaja Center ini sudah tersusun rapih dan setiap dosen memiliki kesempatan untuk menuangkan ilmunya. Adapun pemateri dari luar itu adalah kegiatan stadium general saja.

“Harapannya kegiatan Aswaja Center sebagai sarana dzikrullah, memperkokoh iman serta untuk menghidupkan syi’ar Islam dan mempererat silaturrahmi sesama mahasiswa,” ujar Dr. Saiful Falah.

Kemudian berdoa setelah khatam Al-Qur’an sangat disunnahkan. Karena itu, selain pembaca itu sendiri, ikut menghadiri majelis khatam AI-Quran, agar juga mendapatkan keberkahannya pula.

“Jadi, keberkahan saat khatam Al-Quran bukan hanya bagi si pembacanya, tetapi juga bagi semua yang menghadirinya. Sebab, setiap orang yang dapat menghadirinya, sebaiknya jangan sampai kehilangan kesempatan yang berharga ini, dan memanfaatkannya untuk memohon kepada Allah SWT apa yang diinginkannya,” ucapnya.

Dr. Saiful Falah, M. Pd. I juga berpesan Aswaja Center ini adalah kegiatan yang bagus dan harus terus di laksanakan.

“Insyaallah akan menghasilkan civitas akademika yang ber IMAN yaitu berilmu, bermoral, beramal dan menjunjung tinggi NKRI,” tandasnya.(Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here