Thursday, 2 May 2024
HomeHiburanTips Nyetir Aman Saat Banjir dan Hujan Ektrem

Tips Nyetir Aman Saat Banjir dan Hujan Ektrem

Bogordaily.net – Tips nyetir aman saat banjir dan Ektrem yang wajib Anda tahu dan perhatikan.

nyaris setiap hari. Memicu Banjir dan genangan air di jalan raya. Nyetir mobil harus waspada. Salah-salah justru bisa jadi bencana. Berikut ini tips berkendara mobil saat banjir dan ekstrem.

Berkendara di cuaca buruk tak hanya membutuhkan konsentrasi lebih tinggi, namun juga memerlukan dasar pengetahuan yang cukup, agar terhindar dari potensi celaka.

Tips dan trik ini bisa membantu kamu saat menyetir mobil pas banjir. Supaya tidak panik, aman dan nyaman.

Dirangkum dari berbagai sumber. Berikut tips nyetir aman saat banjir dan ektrem ktrem

1. Kurangi kecepatan berkendara saat cuaca buruk

Kurangi kecepatan. Alasannya, saat deras visibilitas kamu akan berkurang. Selain itu, permukaan jalan juga cukup licin. Dengan mengurangi kecepatan, kamu memiliki kontrol lebih baik dan memiliki waktu yang cukup untuk mengamati situasi dan mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi.

Selain itu, dengan mengurangi kecepatan, dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya aquaplaning yang membuat ban kehilangan cengkeraman pada permukaan jalan yang basah.

2. Jaga jarak

Jaga jarak, maka kamu memiliki cukup waktu dan ruang untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk. Idealnya, kamu disarankan untuk menjaga jarak minimal kurang lebih 3 detik dengan kendaraan di depan.

Permukaan jalan yang licin saat lebat juga membuat kerja komponen pengereman berkurang dan berakibat jarak pengereman yang semakin panjang.

3. Nyalakan lampu kendaraan

Saat deras, nyalakan lampu kamu namun jangan pernah nyalakan lampu hazard. Sangat disarankan untuk menyalakan lampu kendaraan kamu .

Saat visibilitas buruk, dengan menyalakan lampu kendaraan membuat posisi kamu lebih mudah untuk diketahui oleh pengguna jalan lainnya. Sehingga membantu menjaga kewaspadaan saat berkendara dan mengurangi resiko celaka.

4. Dilarang menggunakan lampu hazard

Menurut peraturan lalu lintas, lampu hazard hanya boleh dinyalakan saat keadaan darurat dan mobil dalam keadaan diam.

Sehingga ketika kamu menyalakan lampu hazard ketika berkendara saat lebat, akan membuat pengguna jalan lainnya akan bingung dalam mengantisipasi Kamu saat ingin berpindah jalur.

Hal tersebut dikarenakan lampu hazard dan lampu sein tak bisa dinyalakan saat bersamaan. Selain itu, cahaya saat lampu hazard dinyalakan juga berisiko menyilaukan pengguna jalan lainnya.

5. Hindari melakukan pengereman mendadak saat menerjang genangan air

Saat berkendara pada kondisi lebat, Kamu akan dihadapkan pada permukaan jalan yang tertutup genangan air.

Sehingga hindari melakukan pengereman mendadak saat menerjang genangan air karena akan berisiko membuat ban mengunci atau kehilangan cengkeraman yang membuat kamu mudah kehilangan kontrol.

Jika Kamu terpaksa melakukan pengereman saat menerjang genangan air, lakukan dengan bertahap dan sehalus mungkin.

6. Atur kembali suhu AC mobil kamu

Tips aman berkendara saat lebat yang tak kalah penting adalah mengatur suhu AC mobil kamu. Karena saat hujan lebat, suhu akan turun dan mudah mengundang embun pada kaca mobil, sehingga mengganggu visibilitas kamu saat berkendara.

Atur suhu AC mobil kamu agar jangan terlalu rendah atau tinggi sehingga dapat membantu mencegah terjadinya pengembunan pada kaca dan spion mobil kamu.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here