Monday, 6 May 2024
HomeNasionalTNI Diminta Ganti Nama, Jadi Apa?

TNI Diminta Ganti Nama, Jadi Apa?

Bogordaily.net – Pengamat militer Connie Rahakundinie Bakrie meminta () menjadi Angkatan Perang RI. Hal itu bertujuan untuk menghadapi tantangan geopolitik dan ekonomi global yang saat ini bisa mempengaruhi pertahanan negara.

Usulan itu disampaikannya dalam acara Talkshow HUT ke 77, adalah Kita. Sejarah, Kepeloporan dan Desain Masa Depan yang digelar DPP PDI Perjuangan, Minggu, 9 Oktober 2022.

Connie Bakrie mengaku setuju bahwa punya tugas operasional non perang. Namun demikian, ia menilai hal itu bukan hanya dengan membantu Polri.

Dia menyarankan mengubah postur pertahanan ke outward looking defence. Connie pun memuji era kepemimpinan Megawati yang saat memimpin pemerintahan memberikan perhatian ke alutsista dengan menaikkan anggaran secara signifikan.

“Saya berharap menjadi Angkatan Perang RI, karena dan Angkatan Perang beda. Karena tantangan ke depan geopolitik itu nyata adanya,” kata Connie.

Meski dia mengatakan bahwa tidak mudah membawa misi pertahanan. Angkatan perang ini bisa fokus kerjanya dengan perannya sebagai penjaga pertahanan negara di tengah perang yang terjadi.

“Bung Karno, Bu Mega, Pak Jokowi telah mencanangkan suatu yang sangat penting, visi poros maritim dunia. Harus jadi negara yang poros maritim, poros dirgantara dan poros permukaan,” ucapnya.

“Bedanya AD dengan dua angkatan lain adalah AD adalah manusia yang dipersenjatai, kalau AU dan AL adalah Alutsista yang diawaki. Tidak mungkin AU dan AL diharapkan jadi besar, kalau Alutsista tidak dibeli,” demikian Connie.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here