Tuesday, 21 May 2024
HomeBeritaUnik! Tradisi Suku Apatani Sumbat Hidung Demi Menutupi Paras Cantiknya

Unik! Tradisi Suku Apatani Sumbat Hidung Demi Menutupi Paras Cantiknya

Bogordaily.net – Tradisi unik dimiliki oleh Suku Apatani yang berada di Dataran Tinggi Apatani, Arunachal Pradesh, India. Pasalnya demi menutupi kecantikan yang dimilikinya, wanita di Suku Apatani gunakan aksesori hidung mereka yang tidak biasa.

Mereka menyumbat hidung mereka dengan Tippei, sebuah gumpalan tinta hitam yang dicampur dengan lemak babi dan butiran halus dari arang.

Mereka melakukan hal itu untuk menyembunyikan kecantikan mereka. Wanita di Suku Apatani tidak ingin terlihat menarik.

Melansir Ed Times, tradisi ini bermula ketika wanita suku Apatani seringkali diculik oleh suku-suku tetangga untuk dijadikan istri karena kecantikannya.

Wanita Suku Apatani memang dikenal karena kecantikannya, tetapi hal itu juga yang membuat mereka mendapat malapetaka.

Untuk menghentikan ketakutan para wanita tersebut, leluhur suku Apatani memulai tradisi untuk menato wajah dan menyumbat lumbang hidung para wanita sejak usia dini. Hal ini dilakukan agar tampak tidak menarik.

Penyumbat hidung ini disebut Tippei, memiliki ukuran lebih besar dari hidung, tapi pas menyumbat lubangnya. Terbuat dari gumpalan tinta hitam yang dicampur lemak babi dan butiran arang yang halus, Tippei, dipakai para perempuan setiap harinya.

Perempuan Suku Apatani masih bisa bernafas karena bahan Tippei memungkinkan untuk itu.

Dalam setiap hembus nafas kecil mereka yang tersumbat, ada keyakinan, ada kepercayaan bahwa yang mereka lakukan benar adanya. Tradisi ini pun bertahan melintasi generasi.

Namun demikian, Pemerintah India resmi melarang tradisi unik ini tahun 1970.

Saat ini beberapa perempuan berusia sepuh masih mempertahankannya. Namun demikian, generasi muda suku Apatani tak melakukannya karena menjadi hal yang aneh saat mereka mencari pekerjaan di kota.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here