Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalUpdate, 142 Kasus Gangguan Ginjal Akut Terdeteksi!

Update, 142 Kasus Gangguan Ginjal Akut Terdeteksi!

Bogordaily.net – Pemerintah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melaporkan update baru terdapat 142 kasus akut progresif atipikal atau acute kidney injury (AKI) yang ditemukan di wilayah Ibu Kota.

Data tersebut dihimpun dari bulan Januari 2022 hingga Minggu, 30 Oktober 2022.

Jumlah tersebut meningkat tujuh pasien dari data sebelumnya pada Kamis, 27 Oktober 2022 yang mencatat 135 kasus.

Kepala Dinkes DKI Widyastuti mengungkapkan, update kasus ada 70 pasien yang meninggal, 50 pasien yang sembuh, dan 22 pasien yang masih dalam perawatan di rumah sakit dari 142 kasus itu.

“Perlu dicermati bahwa data kita adalah hasil hospital record review artinya tim secara aktif dari Dinas Kesehatan bersama seluruh rumah sakit maupun puskesmas yang ada di DKI proaktif mencari ke belakang, data sejak Januari sampai dengan sekarang,” ujar Widy kepada wartawan, di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin, 31 Oktober 2022.

Masih dari keterangan Widy, antidotum atau obat penawar telah didistribusikan Kemenkes langsung ke rumah sakit rujukan.

“Di Jakarta saat ini masih dibagikan, didistribusi ke rumah sakit yang merawat. Kemarin masih langsung ke fasilitas kesehatan karena jumlah kasusnya masih relatif belum banyak dan terfokus di beberapa rumah sakit saja sehingga supaya cepat langsung ke fasilitas kesehatan yang merawat,” jelasnya.

“Tidak menutup kemungkinan langsung akan bergerak berbeda sesuai dengan kondisi, seperti halnya distribusi obat maupun vaksin, biasanya juga bisa melalui Dinkes,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here