Friday, 29 March 2024
HomeBeritaWaspada Risiko Mandi di Malam Hari, yuk Kurangi!

Waspada Risiko Mandi di Malam Hari, yuk Kurangi!

Bogordaily.net – Sibuknya kegiatan di luar rumah membuat badan kotor dan harus dibersihkan. Salah satu caranya yakni di malam hari. Banyak orang yang mengatakan kalau di malam hari memiliki banyak bahaya bagi .

Dilansir dari Hellosehat.com, ada beberapa risiko yang akan mengancam apabila terlalu sering di malam hari.

berikut beberapa resiko yang akan dialami jika terlalu sering di malam hari:

1. Memperparah gejala rematik

Rematik adalah penyakit autoimun yang memiliki gejala seperti persendian yang kaku dan bengkak pada bagian jari-jari tangan atau kaki.

Bila kamu sedang mengidap penyakit ini, ada baiknya menghindari karena akan membuat tubuh kamu menjadi kedinginan.

Menurut jurnal Reumatologia Clinica, suhu yang terlalu dingin justru akan memperparah gejala rematik, apalagi bagi orang yang sudah berusia lanjut.

2. Menyebabkan flu

Selanjutnya bisa menyebabkan flu bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan virus akan berkembang biak lebih cepat bila suhu tubuh dingin.

Teori ini telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian, salah satunya di Yale University tahun 2015.

Hasil Penelitian tersebut mengungkap bahwa virus penyebab penyakit influenza akan lebih muda menginfeksi hidung yang bersuhu dingin dari pada hidung yang bersuhu hangat.

3. Resiko kambuhnya asma

Untuk yang sedang mengidap penyakit asma, malam bisa membuat penyakit asma tersebut kambuh. Hal tersebut disebabkan karena perubahan suhu yang tiba-tiba menjadi dingin sehingga memicu gangguan pada saluran pernapasan.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Clinical and Translational Allergy. Bukan hanya penyakit asma, buat kamu yang memiliki riwayat penyakit pernapasan lain seperti sinusitis juga akan kambuh apabila pada malam hari.

4. Mengalami hipotermia

Hipotermia adalah situasi dimana kondisi suhu tubuh menurun menjadi dibawah 35°C dikarenakan situasi yang dingin, basah, atau berangin.

Suhu udara pada malam hari cenderung lebih dingin dan lebih lembap. Dengan demikian, dengan air dingin pada malam hari dapat menimbulkan bahaya hipotermia.

Hipotermia memiliki tanda-tanda seperti tubuh menggigil, bibir yang membiru dan gemetar, kulit menjadi pucat, dan meningkatnya detak jantung. Hal seperti ini lebih rentan dialami oleh bayi, anak kecil, dan lansia.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here