Friday, 26 April 2024
HomeBeritaWaspada! Tumit Pecah-pecah Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan

Waspada! Tumit Pecah-pecah Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan

Bogordaily.net – Tumit pecah-pecah dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu seperti diabetes, infeksi jamur, eksim, kaki atlet, dan banyak lagi. Tumit pecah-pecah juga bisa tanda dari proses penuaan alami.

Tumit pecah-pecah juga dapat mengindikasikan kekurangan vitamin. Orang-orang di negara yang mengalami malnutrisi mungkin rentan dengan kondisi kekurangan vitamin.

“Tumit pecah-pecah terkait kekurangan vitamin itu tidak biasa seperti yang terkait dengan kondisi medis,” ujar dokter kulit, Anna Guanche seperti dilansir dari laman Health Digest, Senin, 10 Oktober 2022.

Jika tumit pecah-pecah dikaitkan dengan kekurangan vitamin, para ahli menjelaskan orang mungkin mengalami kekurangan vitamin C, B3, dan E.

Mereka yang kekurangan vitamin C mungkin berisiko terkena penyakit kudis, atau suatu kondisi yang ditandai dengan , gusi berdarah, dan pendarahan folikel rambut, seringkali pada kaki bagian bawah.

Untuk membantu melindungi dari kekurangan vitamin C, Anda harus makan makanan kaya vitamin C, seperti jeruk, kubis Brussel, dan kangkung.

Kekurangan vitamin B3 dapat menimbulkan gejala, termasuk , teriritasi, diare, atau kehilangan memori. Mereka yang kekurangan vitamin B3 mungkin lebih rentan terhadap kondisi yang dikenal sebagai pellagra.

Selain , pellagra juga bisa menyebabkan lemas, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan. Dada ayam, kalkun, lentil, alpukat, dan salmon adalah sumber vitamin B3 yang bagus.

Tanpa vitamin E yang cukup, Byrdie melaporkan bahwa seseorang dapat mengalami masalah penglihatan, kelemahan otot, penuaan dini, dan .

Vitamin E bisa didapatkan dari sumber seperti mangga, biji bunga matahari, dan almond. Konsultasikan dengan dokter tentang suplementasi jika menduga tumit kering mungkin terkait dengan kekurangan vitamin.

“Penting untuk mengonsumsi suplemen secara keseluruhan jika Anda tidak bisa mendapatkan keseimbangan vitamin yang baik dalam makanan,” ujar dokter kulit bersertifikat, Orit Markowitz.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here