Friday, 26 April 2024
HomeNasionalWHO: Tenggelam Menjadi Penyebab Utama Kematian ke Tiga Secara Global

WHO: Tenggelam Menjadi Penyebab Utama Kematian ke Tiga Secara Global

Bogordaily.net – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa tenggelam adalah salah satu penyebab utama di antara orang berusia antara 1-24 dan penyebab utama ketiga cedera yang tidak disengaja, merenggut lebih dari 236.000 jiwa setiap tahun.

Dikutip dari Grid.id, WHO merekomendasikan berbagai tindakan untuk mencegah tenggelam, termasuk memasang penghalang, mengendalikan akses ke air dan melatih para pengamat dalam penyelamatan dan resusitasi yang aman.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa tenggelam telah sangat diabaikan sampai saat ini, dan bahwa lebih banyak yang harus dilakukan oleh pemerintah dan komunitas penelitian dan kebijakan untuk memprioritaskan pencegahan tenggelam dan integrasinya dengan agenda kesehatan masyarakat lainnya.

Laporan Global tentang tenggelam memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk menyesuaikan dan menerapkan program pencegahan tenggelam yang efektif untuk pengaturan mereka, meningkatkan data tentang tenggelam, dan mengembangkan rencana keamanan air nasional.

Laporan tersebut juga menunjukkan sifat multisektoral dari tenggelam dan menyerukan koordinasi dan kolaborasi yang lebih besar antara badan-badan PBB, pemerintah, LSM kunci dan lembaga akademis untuk mencegah tenggelam.

WHO juga mendesak mengajar - usia sekolah dasar berenang dan keterampilan keselamatan air, menyediakan penitipan yang diawasi, mengatur dan menegakkan keselamatan berperahu, peraturan pelayaran dan feri, dan meningkatkan manajemen risiko banjir.

Berikut adalah fakta-fakta kunci dalam laporan yang diterbitkan WHO.

  •  Tenggelam adalah penyebab utama kematian cedera yang tidak disengaja ke-3 di seluruh dunia, terhitung 7% dari semua kematian terkait cedera.
  • Diperkirakan ada 236.000 kematian akibat tenggelam setiap tahun di seluruh dunia.
  • Perkiraan global mungkin secara signifikan meremehkan masalah kesehatan masyarakat yang sebenarnya terkait dengan tenggelam.
  • -, laki-laki dan individu dengan peningkatan akses ke air paling berisiko tenggelam.

Penyebab kematian umumnya adalah paru-paru yang terisi air. Air yang memenuhi paru-paru akan menghambat kemampuan untuk bernapas. Paru-paru akan menjadi berat dan berhanti mengalirkan oksigen ke pembuluh darah. Tanpa suplai oksigen yang memadai, tubuh akan mati.

Berapa lama tenggelam dalam air bisa menyebabkan kematian? Umumnya, orang bisa menahan napas selama 30 detik. Pada - kemampuan ini semakin pendek. Namun, orang yang terlatih bisa menahan napas hingga dua menit. Kematian akibat tenggelam biasanya terjadi jika seseorang tenggelam selama 4 sampai 6 menit, tanpa resusitasi.

Kejadian ini akan menyebabkan kerusakan otak dan kematian akibat tenggelam. Setelah beberapa detik air terhirup ke dalam paru-paru, orang yang tenggelam akan merasa antara fase hidup dan mati karena kesulitan untuk bernapas.

Kemudian secara tidak sadar, orang akan menahan napasnya untuk mencegah lebih banyak air yang terhirup. Paling lama ini terjadi selama 2 menit saja, kemudian orang akan kehilangan kesadarannya. Setelah kehilangan kesadaran, napas akan berhenti dan jantung hanya berdetak dengan lemah. Orang dalam fase ini masih bisa diselamatkan jika segera dilakukan resusitasi.

Jika orang yang tenggelam tidak menerima resusitasi, tubuh akna memasuki fase kejang hipoksia. Tubuh korban akan berubah menjadi biru keunguan dan akan menjadi kaki seperti orang kejang. Fase terakhir adalah hipoksia cerebral.

Ini merupakan fase dimana otak, jantung, dan paru-paru berhenti bekerja. Ini adalah fase dimana seseorang dinyatakan telah meninggal. Perlu diketahui bahwa di bawah 14 tahun dan orang tua di atas 65 tahun memiliki risiko yang lebih tinggi untuk jatuh dan tenggelam.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here