Friday, 3 May 2024
HomeBeritaWisatawan Ini Jadi yang Pertama Mengelilingi Bulan dengan Roket Starship

Wisatawan Ini Jadi yang Pertama Mengelilingi Bulan dengan Roket Starship

Bogordaily.net – Perusahaan SpaceX milik miliarder Elon Musk mengumumkan bahwa mereka akan membawa turis pertamanya di dunia, terbang dengan .

Adalah Dennis Tito, wisatawan pertama, yang akan mengelilingi bulan dengan Starship milik Elon Musk.

Tito yang kini berusia 82 tahun sudah pernah terbang ke 21 tahun silam. Saat itu dia menyambangi International Space Station.

Kali ini dia tidak ingin sekadar terbang 10 menit seperti yang dilakukannya dulu. “Sudah pernah di sana, sudah pernah melakukannya,” kata Tito dikutip dari Associated Press, 13 Oktober 2022.

Kala itu ia menghabiskan hampir delapan hari di Stasiun Internasional (ISS).

Pada penerbangan keduanya ini dia akan pergi sejauh 200 km dari “sisi jauh bulan” atau lunar far side.

Perjalanan yang direncanakan untuk Tito sekitar seminggu bersama SpaceX adalah penerbangan dengan yang hanya berjarak 200 kilometer dari bulan. Namun ia berkeliling dan tidak mendarat di permukaannya.

Dia akan terbang ditemani istrinya, Akiko, dan 10 orang lainnya yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang fantastis. Tito tidak mengungkapkan berapa yang harus dia bayar untuk berwisata ke .

Tito dan istrinya adalah awak pertama yang diumumkan untuk penerbangan komersial seri kedua dari Starship untuk mengelilingi bulan. Namun pihak SpaceX tidak menyebutkan biaya yang harus ditanggung Tito untuk terbang dalam misi tersebut.

SpaceX belum mengumumkan tanggal pasti peluncuran Starship, yang menjadi fokus dan ambisi CEO Tesla Elon Musk untuk mengangkut manusia dan kargo ke bulan dan Mars.

Namun, orang terkaya di dunia itu mengatakan dia mentargetkan untuk mengirim roket ke orbit untuk pertama kalinya pada awal bulan depan.

Beberapa perusahaan termasuk SpaceX dan Virgin Galactic yang didirikan oleh Richard Branson berusaha untuk membuat perjalanan ruang angkasa menjadi kenyataan, sementara Blue Origin milik Jeff Bezos saat ini menawarkan joyrides sub-orbital yang mencapai ketinggian sekitar 350.000 kaki (106 km).***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here