Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalWNI Bikin Gaduh di Turkish Airlines Ternyata Karyawan Lion Air

WNI Bikin Gaduh di Turkish Airlines Ternyata Karyawan Lion Air

Bogordaily.net Group mengakui WNI yang membuat dan memukul kru Pesawat dalam penerbangan rute Istanbul-Jakarta adalah karyawannya.

Menurut Corporate Communications Strategic Group, Danang Mandala Prihantoro, saat insiden terjadi, pelaku pemukulan yang bernama Muhammad John Jaiz Boudewijn atau MJ (48) itu sedang melakukan perjalanan pribadi.

“Penumpang laki-laki berinisial MJ (48) adalah benar salah satu karyawan Group,” katanya.

Namun saat insiden tersebut, MJ sedang tidak dalam posisi bertugas kepentingan profesi dan perusahaan.

“Dalam hal ini yang bersangkutan melakukan perjalanan untuk keperluan pribadi (masa cuti),” kata Danang dalam keterangannya, dikutip dari Merdeka.com, Rabu 12 Oktober 2022.

Group, sambung Danang, sangat mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

“Mengenai insiden atau peristiwa yang terjadi, Group menghormati upaya-upaya penanganan yang sudah dan sedang dilakukan oleh pihak terkait dan berkepentingan, diharapkan diselesaikan menurut pedoman ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Maskapai juga mendukung instansi atau lembaga yang berwenang untuk mendalami dan menyelesaikan insiden tersebut.

Group tidak mencampuri ke ranah pribadi. Berkaitan tindakan yang dilakukan dari oknum menjadi tanggungjawab pribadi sebagai seorang penumpang,” terangnya.

Lebih lanjut, perusahaan meminta agar tidak melibatkan Group yang bersifat tendensius, yang berdampak merugikan perusahaan.

Group sangat patuh terhadap aturan dan ketentuan yang diberlakukan dalam mengedepankan faktor-faktor yang memenuhi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan,” pungkasnya.

MJ diturunkan di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara lantaran menyerang awak kabin dalam keadaan mabuk.

“Penumpang WNI di pesawat Turkish Airlines yang mabuk kemudian memukul salah seorang crew/pramugara pesawat Turkish Airlines saat pesawat masih mengudara,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangannya.

Sebelumnya, pesawat Boeing 777 Turkish Airlines dengan nomor penerbangan TK56 terpaksa dialihkan ke Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Selasa 11 Oktober 2022.

Pilot memutuskan untuk mendarat setelah seorang penumpang diduga warga negara Indonesia (WNI) mengamuk dan menyerang kru. Tindakan penumpang tersebut dianggap mengganggu keamanan dan keselamatan penerbangan.

Video penumpang pesawat ngamuk dan serang kru Turkish Airlines ini beredar luas di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Twitter @kabarpenumpang.

“Pesawat Turkish Airlines rute Istanbul-Jakarta harus dialihkan ke Medan gegara penumpang ngamuk dan serang kru,” tulis akun tersebut.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here