Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorWujudkan Tridarma, Mahasiswa Pascasarjana IPB Gulirkan Program Desa Sinergi

Wujudkan Tridarma, Mahasiswa Pascasarjana IPB Gulirkan Program Desa Sinergi

Bogordaily.net – Wujudkan tridarma perguruan tinggi, pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) gulirkan program Desa Sinergi, yang mana bertujuan untuk pengenbangan dan pertanian serta peternakan.

Program tersebut dibuka secara perdana, salah satunya yang digulirkan di Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Desa Sinergi dikembangkan oleh Lembaga Semi Otonom Community Development .

Ketua LSO Comdev FW IPB Hasbulloh menyampaikan bahwa, program Desa Sinergi yaitu merupakan pengabdian pada masyarakat yang sangat nyata. Program tersebut memfokuskan pada dua bidang utama yaitu pengembangan pertanian dan pengembangan peternakan.

“Dalam pengembangan pertanian, FW IPB bersama BB Biogen mengembangkan hasil Inovasi BB Biogen yaitu memberikan bantuan ribuan benih padi dan cabai hasil penelitian BB Biogen untuk dibudidayakan di Desa Tapos 1, sementara dalam bidang peternakan, digulirkan pengembangan pakan ternak rumput gajah varietas biograss hasil Inovasi BB Biogen,” kata Ketua LSO Comdev FW IPB Hasbulloh, kepada Bogordaily.net Jumat 28 Oktober 2022

Sementara itu, Kepala BB Biogen, Mastur mengucapkan banyak terimakasih kepada rekan rekan wacana IPB, penyuluh serta para petani yang hadir, pada kesempatan saat menyerahkan bibit padi varietas inpari 40, varietas biopatenggang, benih cabai varietas carvi agrihorti dan rumput gajah varietas, dan biograss yang merupakan hasil penelitian dari bioteknologi di BB Biogen.

“Harapanya dapat dikembangkan oleh petani dan membuahkan hasil panen yang meningkat dan tentunya meningkat perkonomian bagi petani sendiri. Kami sangat berbahagia jika hasil dari produk penelitian kami dapat bermanfaat bagi petani sehingga dampak yang dirasakan dapat bersama,” jelasnya

Kemudian, Penyuluh Pertanian Wilayah IV Kabupatan Bogor, Syaiful Haris menambahkan, kegiatan teman teman wacana IPB sangat membantu kebutuhan dan mengatasi masalah pertanian bagi masyarakat.

“Harapannya kegiatan ini terus berkelanjutan sehingga masalah masalah dipetani dapat terselesaikan secara bersama sama sehingga tercapainya kesejahteraan dipetani,” kata Penyuluh Pertanian Wilayah IV Kabupatan Bogor, Syaiful Haris.

Ketua kelompok tani wiguna tanimuti, sekaliguas duta petani milenial Bogor, Hasan Nawangga menambahkan, ucapan terimakasih kepada rekan rekan wacana IPB yang telah melaksanakan program Desa Sinergi untuk menambah motivasi petani dan ilmu baru serta memberikan bibit unggul yang sangat bermanfaat bagi petani.

“Kitajuga mengajak kepada anak milenial untuk ikut serta dibidang pertanian karna kalua bukan kita sebagai penerus dibidang pertanian siapa lagi. Potensi dibidang pertanian sangat menjanjikan dan menguntungkan sehingga bisa terwujud ketahanan pangan,” tutup Hasan.

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here