Thursday, 2 May 2024
HomeNasional30 November Memperingati Hari Apa? Simak Penjelasannya di Sini!

30 November Memperingati Hari Apa? Simak Penjelasannya di Sini!

Bogordaily.net – 30 November 2022 memperingati hari apa? Ada sejumlah hari besar yang diperingati hari ini. Tahun ini 30 November jatuh pada Rabu.

Hari besar yang diperingati hari ini diantaranya yakni, bagi umat Hindu di Bali merayakan Buda Keliwon Gumbreg.

Selain itu, ada juga peringatan lain yang dirayakan di dunia. Apa saja peringatan tersebut?

Berikut ulasan dan sejarah beberapa hari penting yang jatuh pada 30 November 2022.

Buda Keliwon Gumbreg

Buda Kliwon Gumbreg merupakan hari suci bagi umat Hindu di Bali yang dirayakan setiap enam bulan sekali.

Buda Kliwon Gumbreg merupakan pertemuan antara sapta wara Buda, pancawara Kliwon, dan wuku Gumbreg. Hari ini adalah hari suci untuk memuja Sang Hyang Ayu atau Sang Hyang Nirmala Jati.

Tujuan memohon keselamatan serta anugerah berupa rejeki yang melimpah. Pada hari ini, umat Hindu akan berdoa dan menghaturkan banten berupa bunga wangi-wangian.

Hari Peringatan Korban Perang Kimia

Hari Peringatan ini diperingati pada tanggal 30 November secara global. Hari ini dibuat oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk mengenang dan menghormati para korban perang kimia.

Hari ini juga menjadi bentuk komitmen Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) yang melarang penggunaan senjata kimia. Tak hanya itu, Hari Peringatan untuk Semua Korban Perang Kimia.

Tujuannya untuk mendorong upaya penghapusan penggunaan senjata kimia. Senjata kimia merupakan amunisi khusus dari bahan kimia yang diformulasikan untuk menyebabkan kematian atau melukai manusia.

Senjata ini pernah digunakan dalam peperangan di dunia, salah satunya Perang Dunia I. Tidak ada keraguan bahwa senjata kimia ini akan jauh lebih kuat dan lebih mematikan jika terus dikembangkan. Sebuah perjanjian bernama Konvensi Senjata Kimia (CWC) disahkan pada tahun 1997. Sebagian besar negara anggota telah setuju untuk menghancurkan senjata kimia mereka.

Demikian ulasan mengenai peringatan hari ini. Jadi sudah tahu 30 November memperingati hari apa?.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here