Friday, 29 March 2024
HomeBerita4 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah

4 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah

Bogordaily.net – hitam secara tradisional memiliki berbagai manfaat untuk pengobatan berbagai penyakit. Mulai dari obat demam, asma, sakit kepala, dan sakit perut.

Manfaat hitam ini didapatkan dari kandungannya yang berupa vitamin B, folat, vitamin E, zinc, dan beragam jenis antioksidan, seperti likopen, lutein, zeaxanthin, terpenoid, alkaloid, polifenol, dan flavonoid.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 28 November 2022 berikut manfaat hitam bagi tubuh:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat hitam adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Senyawa aktif dalam rempah-rempah tersebut berperan dalam meningkatkan sel darah putih, yang digunakan tubuh untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang.

2. Bermanfaat untuk Otak

hitam dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian pada tikus dengan penyakit Alzheimer menemukan bahwa piperin dalam rempah pedas ini mampu meningkatkan kekuatan memori tikus.

Hal ini terbukti dari tikus yang diberikan piperin, bisa berulang kali melewati labirin lebih efisien daripada tikus yang tidak diberi senyawa tersebut.

3. Mengontrol Gula Darah

Piperin dalam hitam terbukti mampu membantu meningkatkan metabolisme gula darah. Sebanyak 86 orang obesitas yang mengonsumsi suplemen mengandung piperin dan senyawa lain selama delapan minggu, mengalami peningkatan sensitivitas insulin signifikan

Sensitivitas insulin adalah ukuran seberapa baik hormon insulin menghilangkan glukosa dari aliran darah.

4. Menurunkan Kolesterol

hitam dipercaya membantu mengontrol kolesterol dalam darah, penambahan hitam dalam masakan olahan daging bertujuan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol yang terkandung dalam daging, terutama daging merah.

Kolesterol jahat dalam darah yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung yang menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Ekstrak lada hitam telah dipelajari pada hewan dan memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here