Saturday, 11 May 2024
HomeHiburan4 Teknik Membaca Semakin Efektif, Gini Caranya!

4 Teknik Membaca Semakin Efektif, Gini Caranya!

Bogordaily.net – Saat mencari informasi dari sebuah bacaan tentu akan efektif jika menerapkan teknik membaca dengan tepat. Membaca salah satu keterampilan untuk bisa menemukan informasi penting di dalam bacaan dengan efektif.

Hal itu dikarenakan suatu informasi yang hendak digali dari sebuah bacaan ditentukan berdasarkan teknik yang digunakannya. Semakin tepat tekniknya akan semakin akurat galian informasinya.

Nah berikut adalah 4 teknik membaca cepat dan efektif :

1. Skimming

Ingin mengetahui gambaran umum sebuah bacaan? Kamu dapat menggunakan teknik ini. Skimming adalah teknik yang ditujukan untuk mengetahui informasi pokok atau intisari di dalam suatu bacaan.

Kendati tujuan dari teknik skimming berguna untuk mencari inti informasi bacaan, teknik ini mengharuskan kamu untuk membaca dengan runut bagian-bagian dalam sebuah bacaan. Pembacaan dengan teknik skimming ditujukan untuk mengetahui suatu gambaran umum dari sebuah bacaan.

2. Scanning

Mencari sebuah nama di daftar presensi akan lebih efektif apabila kamu langsung tertuju teks yang menuliskan nama yang sedang kamu cari. Cara atau teknik demikian dikenal dengan sebutan scanning.

Teknik membaca scanning ditujukan untuk mengetahui poin-poin penting sesuai dengan informasi yang hendak dibutuhkan oleh pembacanya.

Teknik ini disebut juga dengan teknik baca pindai karena cara kerjanya yang memindai bacaan untuk menemukan informasi dengan cepat dan akurat.

3. Selecting

Teknik selecting merupakan teknik membaca pilih, yang mana itu didasarkan pada informasi yang dipilih oleh seorang pembaca berdasarkan kegemaran atau minat pada suatu hal.

Teknik ini barangkali sudah sering kamu gunakan dengan tanpa kamu menyadarinya, misalnya, ketika kamu hendak memilih suatu topik pada berita berdasarkan pada judul yang kita minati.

4. Skipping

Teknik skipping adalah teknik yang dicirikan dengan kegiatan membaca seseorang yang melompat-lompat. Teknik skipping dilakukan dengan mengabaikan informasi yang dirasa tidak penting dari suatu bacaan.

Sederhananya, jika kamu sudah merasa tidak membutuhkan informasi pada suatu bagian dalam bacaan, kamu bisa melompatinya. Kamu bisa menerapkan teknik ini pada semua jenis bacaan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here