Sunday, February 5, 2023
HomeInternasional5 Bahasa Paling Sulit di Dunia Buat Dipelajari, Indonesia Ada?

5 Bahasa Paling Sulit di Dunia Buat Dipelajari, Indonesia Ada?

Bogordaily.net – Jika buku adalah jendela dunia, maka bahasa adalah kunci untuk membuka jendela tersebut. Setiap negara mempunyai bahasa yang dijadikan sebagai bahas resmi atau nasional. Berikut ini beberapa bahasa paling sulit di dunia untuk dipelajari.

Bahasa tak dapat dipungkiri merupakan aspek penting di kehidupan kita. Tanpanya, tentu sulit bagi kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Banyaknya bahasa yang digunakan oleh berbagai bangsa di dunia ini, ternyata memiliki keunikan masing-masing.

Lantas, apa saja bahasa paling sulit di dunia untuk dipelajari?

Berikut ini beberapa bahasa paling sulit di dunia untuk dipelajari dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mandarin

Ini adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, tetapi sangat menantang bagi penutur bahasa asing lain. Bahasa Mandarin sering disebut sebagai salah satu bahasa yang tersulit untuk dipelajari.

Pertama karena bahasa Mandarin adalah bahasa tonal, kamu bisa membuat arti kata yang sangat berbeda hanya dengan mengubah intonasi ucapanmu. Ada empat intonasi dalam bahasa Mandarin dan kamu bisa membayangkan kesulitan yang mungkin ditimbulkan oleh penutur bahasa asing lain.

Selain itu, bahasa Mandarin juga memiliki ribuan karakter, sistem kompleks, dialek, dan kekayaan bahasa dalam homofon.

2. Polandia

Salah satu bahasa Eropa Timur yang masuk dalam jajaran bahasa asing yang dianggap sebagai bahasa tersulit untuk dipelajari adalah bahasa Polandia. Ejaan dan tata bahasa adalah dua area yang dapat membuat penutur non bahasa Polandia kesulitan.

Kata-kata banyak berisi konsonan yang membuatnya sulit untuk dieja dan diucapkan. Misalnya, szczęście berarti “kebahagiaan” dan bezwzględny berarti “kejam”. Polandia memiliki tujuh tata bahasa kasus.

3. Rusia

Bahasa Rusia dianggap sebagai bahasa tersulit di dunia lainnya karena bahasa ini menggunakan alfabet Sirilik yang terdiri dari huruf-huruf yang akrab dan ada juga yang tidak familier.

Namun berhati-hatilah karena beberapa huruf Cyrillic mungkin terlihat tidak asing tetapi mengeluarkan bunyi yang berbeda dari huruf Latin yang menyerupai huruf tersebut. Misalnya, “B” dalam alfabet Sirilik membuat bunyi “V”.

4. Korea

Dengan karakter yang berbeda, struktur kalimat yang berbeda, kata kerja dan konjugasi kata sifat yang berbeda dan sintaks yang berbeda, belajar bahasa Korea adalah tugas yang berat bagi penutur bahasa asing.

Faktanya, menurut American Foreign Service Institute diperkirakan bahwa bahasa tersebut menuntut sekitar 88 minggu untuk belajar full-time dibandingkan dengan 23-24 minggu untuk belajar bahasa Prancis atau Spanyol.

Itu berarti lebih dari dua tahun sekolah belajar bahasa Korea secara berturut-turut. Ini membuat bahasa Korea hampir empat kali lebih sulit untuk dipelajari dibandingkan bahasa Romawi.

5. Arab

Bahasa paling sulit di dunia selanjutnya yaitu Bahasa Arab. Bahasa ini termasuk ke dalam lima besar bahasa yang banyak dipakai berdasarkan negara dan wilayah. Bahasa Arab setiap daerah bisa berbeda satu sama lain.

Cara penulisan Bahasa Arab pun juga berbeda, yaitu tidak memakai huruf alfabet. Ada 28 huruf Arab yang perlu dipelajari oleh penutur pemula, serta membutuhkan waktu untuk menulis dan membaca dalam Bahasa Arab. Dalam pengucapan Bahasa Arab juga berbeda sehingga bagi pemula tentunya membutuhkan latihan yang terus menerus.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor