5 Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan Tubuh

Menu

Mode Gelap
Breaking News: Gempa M 6,4 Guncang Garut Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam

Kesehatan · 24 Nov 2022 06:05 WIB

5 Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Meredakan Radang


 Daun Seledri. (Kompas health/Bogordaily.net) Perbesar

Daun Seledri. (Kompas health/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Jenis sayur yang bernama latin apium graveolens atau yang lebih dikenal daun seledri ternyata mengandung nutrisi, air yang tinggi dan rendah kalori yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, sayuran hijau ini mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan fitonutrien dan memainkan peran penting dalam mengelola serta menyembuhkan banyak masalah kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat seledri untuk kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui.

1. Bantu Kurangi Risiko Kanker

Manfaat seledri untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi risiko kanker. Seledri kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab kanker.

Ini mengandung dua flavonoid bioaktif yaitu apigenin dan luteolin, yang dapat membunuh sel kanker di dalam tubuh.

Apigenin adalah agen kemopreventif, dan sifat anti-karsinogeniknya menghancurkan radikal bebas dalam tubuh untuk mendorong kematian sel kanker.

2. Meredakan Peradangan

Seledri penuh dengan antioksidan fitonutrien yang memiliki sifat anti-inflamasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harbin Medical University (China) menemukan bahwa sayuran ini juga merupakan sumber flavonoid yang penting.

Studi lain yang dilakukan oleh Ohio State University menemukan bahwa jus seledri atau ekstrak seledri juga mengurangi aktivitas protein tertentu yang terkait dengan peradangan. Ekstrak biji seledri dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Turunkan Tekanan Darah

Manfaat seledri untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Seledri ditemukan mengandung fitokimia yang disebut phthalates, yang melemaskan dinding arteri dan meningkatkan aliran darah.

Seledri juga memperluas otot polos di pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian di Iran yang dilakukan pada tikus mengaitkan sifat antihipertensi seledri dengan fitokimia yang sama.

Seledri juga kaya akan nitrat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ulasan lain dari profil fitokimia ekstrak biji seledri juga menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan tingkat tekanan darah.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat alami yang ditemukan dalam seledri menjadikannya makanan penting untuk sistem pencernaan. Serat larut dalam seledri difermentasi oleh bakteri di usus besar.

Proses fermentasi ini menghasilkan asam lemak rantai pendek yang salah satunya (butirat) meningkatkan kesehatan saluran cerna. Seledri juga mengandung serat tidak larut dan dapat meningkatkan pergerakan usus.

5. Cegah Kehilangan Memori

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas JiNan (Cina) menemukan bahwa ada hubungan antara luteolin (flavonoid yang ditemukan dalam daun seledri) dan penurunan tingkat kehilangan memori terkait usia.

Luteolin menenangkan peradangan otak dan dapat membantu dalam pengobatan gangguan peradangan saraf. Dengan demikian, ini juga dapat membantu mengurangi risiko degenerasi saraf.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

3 Jenis Rempah Bisa Kurangi Resiko Penggumpalan Darah

4 Desember 2022 - 21:35 WIB

Penggumpalan Darah

Dampak Buruk Kurang Tidur, Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata

4 Desember 2022 - 15:22 WIB

Kesehatan mata

Punya Gangguan Bicara Atau Artikulasi? Terapi Wicara RS BSH Solusinya!

4 Desember 2022 - 08:37 WIB

Punya Gangguan Bicara Atau Artikulasi? Terapi Wicara RS BSH Solusinya!

Aa Dokter Raendi Kembali Edukasi Masyarakat soal Pentingnya Kesehatan Kulit

3 Desember 2022 - 20:22 WIB

Sering Ngilu, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif

3 Desember 2022 - 12:06 WIB

cara mengatasi gigi sensitif

Moms Wajib Tahu, Ini Manfaat Pijat pada Bayi

2 Desember 2022 - 21:16 WIB

Manfaat Pijat Bayi
Trending di Kesehatan