Saturday, 20 April 2024
HomeBerita5 Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Meredakan Radang

5 Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Meredakan Radang

Bogordaily.net – Jenis sayur yang bernama latin apium graveolens atau yang lebih dikenal daun ternyata mengandung nutrisi, air yang tinggi dan rendah kalori yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, sayuran hijau ini mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan fitonutrien dan memainkan peran penting dalam mengelola serta menyembuhkan banyak masalah kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat untuk kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui.

1. Bantu Kurangi Risiko Kanker

Manfaat untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi risiko kanker. kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab kanker.

Ini mengandung dua flavonoid bioaktif yaitu apigenin dan luteolin, yang dapat membunuh sel kanker di dalam tubuh.

Apigenin adalah agen kemopreventif, dan sifat anti-karsinogeniknya menghancurkan radikal bebas dalam tubuh untuk mendorong kematian sel kanker.

2. Meredakan Peradangan

penuh dengan antioksidan fitonutrien yang memiliki sifat anti-inflamasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harbin Medical University (China) menemukan bahwa sayuran ini juga merupakan sumber flavonoid yang penting.

Studi lain yang dilakukan oleh Ohio State University menemukan bahwa jus atau ekstrak juga mengurangi aktivitas protein tertentu yang terkait dengan peradangan. Ekstrak biji dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Turunkan Tekanan Darah

Manfaat untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. ditemukan mengandung fitokimia yang disebut phthalates, yang melemaskan dinding arteri dan meningkatkan aliran darah.

Seledri juga memperluas otot polos di pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian di Iran yang dilakukan pada tikus mengaitkan sifat antihipertensi seledri dengan fitokimia yang sama.

Seledri juga kaya akan nitrat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ulasan lain dari profil fitokimia ekstrak biji seledri juga menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan tingkat tekanan darah.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat alami yang ditemukan dalam seledri menjadikannya makanan penting untuk sistem pencernaan. Serat larut dalam seledri difermentasi oleh bakteri di usus besar.

Proses fermentasi ini menghasilkan asam lemak rantai pendek yang salah satunya (butirat) meningkatkan kesehatan saluran cerna. Seledri juga mengandung serat tidak larut dan dapat meningkatkan pergerakan usus.

5. Cegah Kehilangan Memori

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas JiNan (Cina) menemukan bahwa ada hubungan antara luteolin (flavonoid yang ditemukan dalam daun seledri) dan penurunan tingkat kehilangan memori terkait usia.

Luteolin menenangkan peradangan otak dan dapat membantu dalam pengobatan gangguan peradangan saraf. Dengan demikian, ini juga dapat membantu mengurangi risiko degenerasi saraf.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here