Saturday, 4 May 2024
HomeNasional5 November Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

5 November Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

Bogordaily.net – 5 November memperingati hari apa? Tahun ini tanggal 5 November jatuh pada hari . Ada dua yang biasa dirakyakan setiap tahunnya di setiap tanggal tersebut.

Salah satunya Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Namun, ada juga perayaan lainnya. Berikut penjelasan mengenai peringatan yang bertepatan dengan tanggal 5 November.

Tumpek Landep

Tumpek Landep dirayakan saat Saniscara Kliwon wuku Landep setiap enam bulan sekali. Tumpek Landep adalah hari raya umat Hindu yang dikhususkan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam wujud Dewa Senjata (Pasupati).

Hari ini dirayakan sebagai ungkapan rasa terima kasih umat Hindu terhadap Sang Hyang Widi Wasa yang turun ke dunia dan memberikan ketajaman pikiran kepada manusia. Ketajaman itu layaknya senjata yang berbentuk lancip atau runcing seperti keris, tombak dan pedang. Tak hanya itu, Tumpek Landep juga mengajarkan manusia, khususnya umat Hindu, agar dapat menggunakan dan memanfaatkan benda yang terbuat dari logam dalam kehidupan sehari hari.

Perayaan Tumpek Landep bisa dilakukan di rumah dan pura dengan mengumpulkan benda-benda pusaka atau benda yang terbuat dari logam. Tidak hanya yang terbuat dari logam, barang atau benda yang mengandung unsur logam, seperti sepeda motor, mobil, alat rumah tangga, dan lain-lain juga ikut diupacarakan dan diberikan hiasan khusus dari janur yang disebut tamian. Saat upacara, benda-benda tersebut diberikan sesajen agar dapat mempermudah dan memperlancar kegiatan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 5 November. Hari ini merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup yang menjadi agenda tahunan di Indonesia. Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dibuat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto.

Adapun tujuan ditetapkannya hari ini adalah untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan dan pelestarian flora dan fauna. Tak hanya itu, hari ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian, rasa cinta dan bangga terhadap flora dan fauna Indonesia.

Hari Kesadaran Tsunami Sedunia

Hari Kesadaran Tsunami Sedunia diperingati pada tanggal 5 November setiap tahun. Hari ini ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tanggal 22 Desember 2015.

Tujuan dibuatnya hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pengetahuan mengenai tsunami bagi semua kalangan masyarakat. Dengan pengetahuan yang cukup, masyarakat diharapkan dapat bertindak tenang dan tidak panik saat mendengar adanya peringatan tsunami.

Meski jarang terjadi, tsunami merupakan salah satu bencana alam yang paling dahsyat dan berbahaya. Tidak hanya mempengaruhi masyarakat pesisir, tsunami juga dapat mencapai dan menghancurkan kota yang terletak jauh dari pantai.

Demikian penjelasan mengenai 5 November Memperingati Hari Apa? Bagaimana sudah tahu sekarang?***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here