Thursday, 2 May 2024
HomeBerita6 Manfaat Jahe Merah, Cegah Hipergensi hingga Masalah Kulit

6 Manfaat Jahe Merah, Cegah Hipergensi hingga Masalah Kulit

Bogordaily.net memiliki aroma dan rasa yang lebih pedas dari jahe biasa. Sejumlah manfaat untuk tubuh pun sangat beragam. Salah satunya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

atau yang dikenal juga sebagai Guduchi memiliki khasiat yang baik untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit.

Selain itu, juga digunakan untuk berbagai kondisi lainnya. Melansir Suara.com dari berbagai sumber, berikut manfaat :

1. Melancarkan pencernaan

Merebus secangkir jahe dan menambahkan sedikit garam untuk membuat pasta. Mencampur pasta ini dengan air hangat sebelum makan dapat membantu meningkatkan pencernaan.

2. Masalah kulit

Ramuan ajaib ini adalah salah satu ramuan yang paling banyak digunakan dan dipelajari secara ekstensif. juga dikenal untuk mengobati beberapa gangguan kulit termasuk psoriasis, jerawat, eksim dan ruam. Hal ini juga digunakan untuk mengobati pilek, flu dan infeksi lainnya.

3. Sebagai antioksidan

Warna merah pada batang jahe digunakan untuk menunjukkan nilai obatnya. Memiliki lebih dari 300 senyawa kimia dan kaya akan antioksidan dan anti inflamasi, jahe dianggap sebagai penangkal radikal bebas yang kuat, yang dapat membantu mencegah kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

4. Menghambat pembekuan darah

Penelitian juga mengungkapkan dapat menghambat pembentukan bekuan darah baru. Selain itu juga meningkatkan sintesis jumlah sel darah merah. Hal ini karena mengandung senyawa flavonoid, asam ganoderat, yang merupakan antioksidan. Oleh karena itu, jahe merah berguna dalam melawan penumpukan plak di arteri dan mencegah pembentukan gumpalan di dalam tubuh.

5. Mengatasi mual

Jahe merah juga membantu dalam mengobati mual dan mabuk perjalanan. Dapat meredakan sakit kepala, insomnia, kecemasan, gugup dan peradangan. Ini juga dapat meningkatkan aliran darah di otak dan memiliki efek relaksasi pada perut dan anggota badan.

Selain itu, jahe merah juga dapat meringankan diare, yang disebabkan oleh makan yang tidak tepat atau diare yang disebabkan oleh cacing. Ini juga bisa meredakan sembelit.

6. Menjaga kesuburan

Konsumsi jahe merah dapat membantu untuk menjaga kesuburan karena kandungan arginin di dalamnya. Arginin membantu tubuh memproduksi nitrat oksida yang meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan ovarium.

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa arginin dapat meningkatkan kesuburan dan kualitas sel telur (ovum) dengan meningkatkan sirkulasi sehingga tubuh mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk pematangan sel telur.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here