Friday, 29 March 2024
HomeHiburan6 Tips Indihome Agar Perangkat Aman dari Kebocoran Data

6 Tips Indihome Agar Perangkat Aman dari Kebocoran Data

Bogordaily.net – Bulan lalu Indonesia dihebohkan oleh kemunculan Bjorka yang mengancam keamanan masyarakat. Kasus kebocoran ini kerap menjadi isu yang mengkhawatirkan, karena berkaitan dengan keamanan pribadi. Indihome memberikan beberapa tips yang bisa dicoba.

Kebocoran tentu akan merugikan korban karena rentan disalahgunakan. Kasus ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti phishing, penggunaan WiFi publik yang tak aman, malware, hingga human error yang mampu menyusupi perangkat dan meretas pribadi kamu.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tidak perlu khawatir, karena Indihome memiliki banyak cara aman untuk melindungi pribadi kamu dari kebocoran .

Berikut ini enam tips yang bisa kamu ikuti dari Indihome untuk mengatasi kebocoran :

1. Konfigurasi Perangkat dengan Benar

Luangkan waktu khusus untuk melakukan konfigurasi perangkat dengan benar, mulai dari memeriksa pengaturan permisif untuk berbagai aplikasi yang terpasang di perangkat kamu.

Jangan sampai aplikasi tersebut mempublikasikan secara otomatis apa saja yang kamu lakukan secara online. Konfigurasi ini juga bermanfaat guna membatasi informasi yang masuk dan berisiko terjamah oleh penyusup.

2. Aktifkan Two Way Authentication

Disebut juga autentikasi dua faktor, fitur ini memberikan keamanan ekstra pada akun kamu.

Fungsi dari fitur ini juga untuk memastikan bahwa kamulah satu-satunya pemilik dan pengakses akun tersebut. Kombinasinya bisa berupa password dan token terbatas yang dikirim ke email terdaftar atau nomor handphone pribadi.

3. Jangan Terjerumus Phising

Phising merupakan usaha untuk mendapatkan atau informasi seseorang melalui teknik pengelabuan.

Biasanya pelaku menggunakan email yang memancing korban untuk mengunjungi suatu tautan tertentu. Tak sedikit pelaku phishing mengatasnamakan pihak ternama supaya terkesan meyakinkan.

Agar terhindar dari phising, jangan mengunjungi website yang terdeteksi berbahaya. Kamu juga bisa mengandalkan aplikasi anti virus atau add-on web threat shield di perangkat sebagai upaya pencegahan.

4. Install Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Salah satu cara mengatasi kebocoran data adalah dengan mengunduh atau memasang aplikasi di platform resmi.

Sebaliknya, aplikasi bajakan atau tak terjamin keamanannya berpotensi disusupi virus atau malware yang akan menempeli perangkatmu. Akibatnya data pribadi akan dengan mudah terlacak oleh penyusup.

5. Ganti Password Secara Berkala

Kejahatan siber bisa menimpa siapa saja yang tidak teliti dalam mengelola akunnya. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan pemilik data adalah menggunakan password yang sama untuk berbagai akun. Ditambah lagi kombinasi password yang mudah ditebak dan jarang diganti.

Sebaiknya kamu mulai rutin mengganti password secara berkala. Selain itu, gunakan kombinasi karakter yang sulit dideteksi atau ditebak, seperti penggabungan huruf kapital, nomor, dan tanda baca. Pastikan juga setiap akun memiliki password yang berbeda ya!

6. Hindari Penggunaan WiFi Publik

Cermat menggunakan internet merupakan cara lain dalam mengatasi kebocoran data. Salah satunya dalam penggunaan WiFi.

Mungkin kamu tergoda menggunakan WiFi publik karena bisa diakses di luar rumah tanpa mengurangi kuota paket data. Padahal kamu belum tahu pasti bagaimana keamanan jaringan WiFi publik tersebut.

Tenang, kamu bisa menggunakan WiFi publik kok, namun jangan mengakses aplikasi seperti mobile banking, webmail, dan akun belanja online. Kamu juga bisa menghindari kebocoran data saat menggunakan WiFi publik dengan cara:

  • Menggunakan VPN
  • Hapus titik akses WiFi dari pengaturan jaringan perangkat setelah selesai digunakan
  • Tidak memberi izin perangkat untuk merekam detail login.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here