Saturday, 27 April 2024
HomeHiburan7 Cara Menghargai Pekerjaan Orang Lain, yuk Simak!

7 Cara Menghargai Pekerjaan Orang Lain, yuk Simak!

Bogordaily.net – Di lingkungan alangkah baiknya Kamu menghargai lain. Sebab ini berkaitan dengan sopan santun dan penghormatan pada orang yang bekerja bersama kita.

Meskipun sudah akrab satu sama lain, penting sekali untuk menghormati orang lain agar hubungan baik tetap terjaga. Selain itu, sikap seperti ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan kesan dan suasana positif bagi seseorang agar lebih termotivasi. Dengan begitu ia akan mempunyai semangat untuk menunjukkan performa yang lebih baik.

Berikut adalah cara menghargai lain dengan cara seperti ini:

1. Tidak Perlu Membandingkan Pekerjaan dengan Orang Lain

Membandingkan pekerjaan satu orang dengan orang lain adalah hal yang harus dihindari. Sekalipun lain tidak sebagus pekerjaanmu, sangat tidak baik untuk membandingkan satu pekerjaan dengan yang lainnya.

2. Bicarakan Hal Positif dari Pekerjaan

Dalam melakukan pekerjaan, ada kalanya seseorang ingin mengeluh karena banyaknya beban dan tekanan .

Jika mendengar kolegamu mulai mengeluhkan hal seperti ini, tetap berikan dorongan agar ia tidak kehilangan motivasi.

Ada baiknya kamu mengambil sikap positif dan memberikan waktu untuk mereka mengeluarkan unek-uneknya, bukan mendorongnya untuk menyerah.

3. Jangan Pamer

Pencapaian setiap orang itu berbeda-beda. Ada kalanya seseorang berada di posisi yang jauh lebih tinggi darimu, tapi tidak sedikit yang posisi pekerjaannya lebih rendah darimu. Nah, jika kamu berada di posisi yang lebih tinggi, hindari sikap pamer dan ingin dipuji.

4. Jadi Supporter

Dukungan adalah hal yang paling dibutuhkan seseorang ketika sedang mengalami demotivasi. Untuk membangkitkan kepercayaan diri dan semangat mereka, jadilah seorang supporter yang suportif. Sikap ini akan membuat orang lain merasa dihargai.

5. Jadilah Pendengar yang Baik

Mendengarkan dengan baik ketika seseorang berbicara adalah satu sikap yang menunjukkan bahwa kamu menghargai mereka.

Maka dari itu, jadilah pendengar yang baik. Hindari bersikap judgmental terhadap rekan kerjamu. Kalau bisa, berusahalah untuk memahami sudut pandangnya.

6. Tetap Profesional

Profesionalisme adalah sikap yang wajib dijunjung tinggi di dunia . Bagaimana pun bentuk hubunganmu dengan klien atau rekan , pertahankan profesionalismemu.

Jangan bertindak seenaknya apalagi di luar kesepakatan yang sudah dibicarakan. Ini adalah sikap menghargai pekerjaan sekaligus orang yang kamu kenal selama terikat hubungan pekerjaan.

7. Jangan Menghina dan Menjatuhkan Lain

Untuk menghindari suasana yang canggung dan tidak mengenakkan, jangan merendahkan orang lain apalagi menghina pekerjaan yang dilakukannya. Ketika seseorang melontarkan kalimat hinaan, ia seolah sedang menunjukkan kualitas dirinya yang rendah.

Perbuatan ini begitu buruk dan merusak hubunganmu dengan rekan . Tidak semua hal yang kamu anggap buruk mempunyai nilai yang buruk di mata orang lain.

Bisa saja orang lain mempunyai penilaian yang berbeda. Jadi, sebagai individu yang baik, jangan melontarkan kalimat jelek apalagi menghakimi, merendahkan, dan menghina. Jadilah seseorang yang menyebarkan suasana positif dan membuat orang lain nyaman.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here