Saturday, 4 May 2024
HomeNasional8 November Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

8 November Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

Bogordaily.net – Pada tanggal 8 November memperingati hari apa? Ada beberapa perayaan yang biasa dilakukan setiap tahunnya di tanggal ini.

Berikut ini akan diulas mengenai sejumlah perayaan yang biasa dilakukan setiap tahunnya.

Hari Purnama

Hari Purnama yang jatuh setiap malam bulan penuh atau Sukla Paksa dirayakan pada tanggal 8 November. Hari ini merupakan hari suci bagi umat Hindu untuk memuja Sang Hyang Chandra yang merupakan manifestasi dari Hyang Widhi yang berfungsi sebagai pelebur segala kekotoran.

Purnama dirayakan untuk memohon berkah dan karunia dari Hyang Widhi. Pada hari ini, umat Hindu dianjurkan mensucikan diri lahir batin dengan upacara persembahyangan dan menghaturkan yadnya kehadapan Hyang Widhi.

Kondisi bersih secara lahir dan batin ini sangat penting karena dalam jiwa yang bersih akan muncul pikiran, perkataan dan perbuatan yang bersih juga. Kebersihan pun sangat penting dalam mewujudkan kebahagiaan, terutama dalam hubungan dengan pemujaan kepada Hyang Widhi.

Hari Tata Ruang Nasional

Hari Tata Ruang Nasional diperingati setiap tanggal 8 November. Hari ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2013 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 25 November 2013.

Adapun tujuan dibuatnya hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat di bidang penataan ruang dan sosialisasi berbagai kebijakan pemerintah di bidang penataan ruang, baik di pusat maupun di daerah. Keputusan menetapkan Hari Tata Ruang Nasional ini juga mempertimbangkan UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, yang mengamanatkan pentingnya keterpaduan antar wilayah, antar sektor, dan antar pemangku kepentingan, serta peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan penataan ruang di masyarakat.

Penyelenggaraan penataan ruang diharapkan dapat mewujudkan ruang nusantara yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan.

Hari Perencanaan Kota Dunia

Hari Perencanaan Kota Dunia yang diperingati setiap tanggal 8 November bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perencanaan dan penataan dalam membuat menciptakan perkotaan yang layak huni. Perencanaan kota adalah salah satu bagian terpenting dalam menciptakan perkotaan yang terorganisir dan layak huni.

Hari Perencanaan Kota Dunia diinisiasi oleh Profesor Carlos Maria della Paolera dari Universitas Buenos Aires pada tahun 1949.

Hari Perencanaan Kota Dunia dikenal juga dengan sebutan Hari Urbanisme Sedunia. Hari ini diakui secara global oleh lebih dari 30 negara di empat benua dan dirayakan serentak tanggal 8 November di seluruh dunia.

Hari Radiologi Internasional

Hari Radiologi Internasional yang diperingati pada tanggal 8 November merupakan hari peringatan penemuan sinar-x. Selain itu, hari ini juga bertujuan untuk mempromosikan peran radiologi dalam dunia kesehatan.

Hari Radiologi Internasional didirikan pada tahun 2011. Setiap tahun, peringatan ini mengangkat tema yang berbeda-beda.

Demikian ulasan mengenai yang diperingati hari ini. Jadi sudah tahukan 8 November memperingati hari apa?***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here