Monday, 29 April 2024
HomeBeritaAda yang Berbeda, Ini 5 Kecanggihan Teknologi dalam Piala Dunia 2022 di...

Ada yang Berbeda, Ini 5 Kecanggihan Teknologi dalam Piala Dunia 2022 di Qatar

Bogordaily.net memberikan kejutan-kejutan yang tak terduga. Salah satunya dalam bentuk teknologi. Berikut lima kecanggihan teknologi dalam di .

Mengutip laman Techno Jobs, Selasa, 29 November 2022 pada tahun 1980 teknologi pertama kali diperkenalkan ke dalam dunia sepak bola melalui penggunaan video analisis.

Kini, teknologi sudah memainkan peran yang sangat penting dalam permainan sepak bola. Penggunaan teknologi mendukung pemantauan kesehatan, kemampuan para pemain, hingga menentukan bagaimana game dimainkan. Tidak terkecuali di ajang Piala Dunia 202.

Berikut lima kecanggihan teknologi dalam di .

1. Teknologi Offside Semi Otomatis

FIFA secara resmi umumkan untuk gunakan teknologi offside semi otomatis. Dengan adanya teknologi ini, deteksi offside akan jauh lebih akurat di mana teknologi tersebut menggunakan 12 kamera yang terpasang di bawah atap stadion.

Sistem ini dibantu dengan Video Assistant Referees (VAR) yang sudah diterapkan sejak FIFA Piala Dunia 2018.

2. Bola Piala Dunia yang Revolusioner Al Ri

Bola keluaran brand Adidas ini ternyata diproduksi di Indonesia. Perlu diketahui jika bola yang akan digunakan dalam ajang Piala Dunia 2022 juga memiliki kecanggihan teknologi.

Bola yang diberi nama Al Rihla ini memiliki teknologi yang terhubung untuk menyampaikan data real-time ke petugas VAR. Teknologi ini akan berkolaborasi dengan Teknologi Offside Semi-otomatis yang baru dari FIFA.

Al Rihla juga akan mendukung aturan offside semi-otomatis FIFA, yang sepenuhnya menggunakan sensor gerak di dalam bola. Sehingga kegunaan bola ini akan membantu kerja wasit dan membuat perhitungan lebih akurat.

3. FIFA Player App

FIFA telah mengembangkan aplikasi ini berdasarkan masukan dari pemain profesional, bekerja sama dengan FIFPRO, perwakilan global pesepakbola profesional. Aplikasi ini akan digunakan pertama kalinya di Piala Dunia 2022 di .

Berdasarkan survei dan wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa para pemain sangat tertarik dengan data performa mereka sendiri dan ingin mendapatkan akses mudah ke informasi tersebut. FIFA Player App ini akan memberikan data berdasarkan kinerja masing-masing pemain itu.

4. Bonocle dan Feelix Palm

Perangkat Bonocle untuk Piala Dunia yang lebih mudah diakses agar penggemar yang tunanetra dapat menikmati Piala Dunia FIFI 2022. Bonocle adalah platform hiburan Braille pertama di dunia. Dengan menggunakan fungsi transcoding dan teknologi Bluetooth, individu tunanetra dapat merasakan kegembiraan Piala Dunia seperti orang lain.

Seperti yang dijelaskan oleh pendiri Boncole, “Bonocle akan memungkinkan komunitas tunanetra di seluruh dunia untuk merasakan Piala Dunia 2022 dengan cara baru yang belum pernah ada sebelumnya, Ini akan menghilangkan penghalang yang membatasi orang buta dan membuka pintu bagi mereka untuk menjelajah. hal-hal baru dan tempat-tempat baru.”

Feelix Palm, komunikator telapak tangan dengan fitur taktil, juga akan digunakan di . Dengan menggunakan impuls listrik, Feelix Palm menawarkan pesan seperti huruf braille kepada tunanetra tanpa membatasi gerakan fisik atau pendengaran mereka.

5. Teknologi pendingin stadion

Tujuh dari delapan stadion Piala Dunia FIFA 2022 menampilkan teknologi pendinginan canggih untuk menjaga suhu stadion sekitar 68° F, suhu ideal untuk pemain dan penggemar.

Diperkirakan 40 persen lebih berkelanjutan dan hemat energi dibandingkan dengan teknik pendinginan konvensional, sistem pendinginan menggunakan kombinasi insulasi dan pendinginan yang ditargetkan untuk mendinginkan hanya tempat di mana orang berada.

Sensor di sekitar stadion akan menjaga suhu tetap konstan dan menyesuaikan aliran udara untuk tempat duduk di tempat teduh atau di bawah sinar matahari.(*)

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here