Friday, 26 April 2024
HomeHiburanAgar Terlihat Menarik, Ini Cara Membuat CV Bagi Pemula

Agar Terlihat Menarik, Ini Cara Membuat CV Bagi Pemula

Bogordaily.net – Banyak lulusan baru yang masih bingung membuat lamaran kerja untuk masuk ke dunia kerja. Berikut ini yang menarik untuk dan belum punya pengalaman kerja.

Membuat CV sendiri merupakan poin penting yang digunakan oleh para recruiter untuk menilai apakah calon pelamar memiliki kriteria yang dibutuhkan perusahaan atau tidak.

Merangkum berbagai sumber, begini lho yang menarik untuk yang dapat kamu terapkan. Simak yuk!

1. Perhatikan apa saja yang harus ditulis

Untuk adalah selalu perhatikan apa saja yang harus ditulis. Kamu bisa mencari terlebih dulu apa saja yang seharusnya ada di dalam CV.

Misalnya, di dalam CV yang menarik untuk biasanya harus selalu tertulis pendidikan terakhir, penjelasan tentang keahlian singkat, hingga pengalaman pekerjaan yang relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

2. Buatlah CV yang menarik dan mudah dibaca

Jika kamu sudah menuliskan semua hal yang kamu butuhkan untuk CV-mu, kini saatnya kamu menyusun informasi tersebut menjadi bentuk yang menarik. Jangan terlalu polos karena akan membuat perekrut bosan dan enggan membacanya, namun jangan pula terlalu ramai karena akan memusingkan perekrut. Perhatikan pula ukuran font yang kamu gunakan, jangan terlalu kecil dan jangan menggunakan jenis font yang rumit sehingga menyulitkan untuk dibaca.

3. Jangan terlalu panjang

Menuliskan daftar prestasi dan pekerjaan yang pernah kita raih sebelumnya di dalam CV memang dapat memiliki nilai kebanggaan tersendiri.

Tapi, yang harus kamu perhatikan CV cukuplah satu halaman saja, sebab perekrut hanya punya waktu singkat untuk membacanya.

4. Cantumkan Pengalaman yang Relevan

Meskipun tanpa pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkan pengalaman dalam berorganisasi, keikutsertaan kompetisi, event atau volunteer. Tapi ingat, harus yang relevan sama posisi kerja yang kamu lamar ya.

Misal nih kalau kamu apply untuk posisi fotografer, kamu bisa menambahkan pengalaman sebagai tim media dan dokumentasi di sebuah acara. Hal itu akan menambah nilai jualmu untuk lolos seleksi CV.

Dengan memiliki pengalaman berorganisasi di sekolah, kampus atau lingkungan masyarakat kamu akan dinilai punya kemampuan bekerja dalam tim dan keterampilan beradaptasi yang baik. Selebihnya bisa kamu ceritakan saat sesi interview nanti.

5. Gunakan Format File PDF

Poin terakhir yang tidak boleh dilewatkan saat membuat CV adalah membuat file dalam bentuk PDF.

Walaupun terdengar sepele, nyatanya hal ini sangat penting. Para HRD biasanya tidak memiliki waktu yang luang untuk mendownload file CV yang terlalu besar.

Oleh karena itu dengan merubahnya kedalam format PDF, maka Anda bisa memperkecil ukuran file dan membantu recruiter sehingga file Anda bisa cepat diunduh dan dibaca.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here