Tuesday, 23 April 2024
HomeKota BogorAmorphophallus Paeoniifolius Mekar di Kebun Raya Bogor

Amorphophallus Paeoniifolius Mekar di Kebun Raya Bogor

Bogordaily.net – ‘S Lands Plantentuin te Buitenzorg atau merupakan fasilitas konservasi ex-situ seluas 87 Ha yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Memiliki lebih dari 13.000 jenis tumbuhan hidup di dalam salah satunya adalah Amorphophallus paeoniifolius atau yang baru saja mekar di sekitar Rumah Kaca Anggrek .

merupakan tumbuhan anggota genus Amorphophallus, masih berkerabat dekat dengan raksasa dan iles-iles.

Suweg sering disamakan dengan iles-iles karena sama-sama menghasilkan umbi yang dapat dimakan dan terdapat kesamaan morfologi daun pada fase vegetatif.

merupakan tumbuhan dataran rendah dari daerah tropis dan lembab yang menyebar ke arah timur dari Afrika Barat hingga pulau-pulau di Samudera Pasifik. Jenis ini tidak ditemukan di Amerika Serikat, meskipun kerabatnya, Dracontium, tumbuh di sana.

Ramuan tumbuh terutama di hutan hujan dataran rendah, hutan musiman termasuk hutan terganggu, hutan sekunder dan lahan pertanian. Jarang ditemukan di tanah kapur, terkadang ditemukan di ladang yang ditinggalkan.

Dari sekitar 25 spesies tumbuhan yang tumbuh di Indonesia, 18 diantaranya endemik: delapan terbatas di Sumatera, lima di Jawa, tiga di Kalimantan, dan satu endemik di Sulawesi.

Umbi dan bagian tanaman lainnya mengeluarkan getah yang gatal. Namun, ada beberapa jenis umbi-umbian yang bisa dimakan dengan beberapa pengolahan, atau diolah lebih lanjut menjadi tepung untuk makanan seperti kue kering.

“Jenis langka ini sangat indah bentuknya dan tumbuh diwaktu-waktu tertentu sehingga sayang momen ini dilewatkan. Mari datang ke dan saksikan langsung keunikan Amorphophallus paeoniifolius,” ujar GM Corporate Communication, Zaenal Arifin.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here