Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaApa Itu Alergi Air? Berikut Penjelasan dan Gejalanya

Apa Itu Alergi Air? Berikut Penjelasan dan Gejalanya

Bogordaily.net–  air (aquagenic urticaria) merupakan jenis reaksi yang cukup langka. Namun kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja. Reaksi pada kulit tersebut terjadi ketika penderitanya bersentuhan dengan air, terlepas dari suhunya. yang memiliki istilah medis urtikaria aquagenik ini menimbulkan reaksi berupa gatal-gatal dan ruam.

Dilansir dari laman Hello Sehat, kondisi ini merupakan salah satu dari bentuk urtikaria atau gatal-gatal dan penyebabnya masih belum diketahui dengan pasti. Hingga tahun 2018, studi terbitan Dermatologica Sinica (2018) menyatakan bahwa ini merupakan penyakit langka, bahkan hanya 50 kasus yang tercatat.

Masalah kulit ini juga lebih sering terjadi pada wanita yang telah melewati masa pubertas. Sebagian besar kasus terjadi secara tidak merata. Namun, ada beberapa laporan yang menunjukkan anggota keluarga penderita juga mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, hal ini yang membuat urtikaria aquagenik terbilang cukup langka.

Gejala air

Ciri-ciri ini tak hanya akan muncul ketika berkontak langsung saat mandi. Anda juga bisa mengalami reaksi ketika berkeringat, kehujanan, atau bahkan saat menangis. Pada beberapa kasus, tanda-tanda jenis ini juga dapat terjadi ketika penderitanya minum air dalam jumlah banyak.

Beberapa gejala alergi kulit pada alergi air kotor yang mungkin muncul di antaranya ruam dan bentol, kulit terasa gatal dan perih, sensasi terbakar di kulit.

Gejala yang telah disebutkan di atas biasanya akan terjadi di leher, lengan, dan tubuh bagian atas. Kondisi ini juga muncul 30 menit hingga satu jam setelah Anda mengeringkan diri.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here